oleh

9000 Warga Lutim Terima Bansos KKS PKH

MALILI, RADARLUWURAYA.com – Sebanyak 9000 warga Kabupaten Luwu Timur terima bantuan tunai program Kartu Keluarga Sejahterqa (KKS) PKH dari Kementian Sosial (Kemensos) RI, Selasa 13 Juli 2021 di gedung Simpurusiang, Puncak Indah, Kecamatan Malili, Kabupaten Luwu Timur.

Koordinator PKH Kabupaten Luwu Timur, Muhammad Munawir menyebutkan, berdasarkan data yang sudah terverifikasi ada sebanyak 9.557 orang di Kabupaten Luwu Timur yang terdaftar dalam Program KKS PKH.

“Jumlah ini sudah termasuk data tambahan yang kita usulkan sebanyak 2523 orang,” jelas Munawir.

Berdasarkan nilai yang diterima peserta, mengalami perbedaan. Hal itu tergantung komponennya. Namun demikian, rata-rata peserta menerima bantuan senilai Rp.700.000 hingga Rp.900.000 untuk tiga bulan.

Perbedaan ini kata dia, karena adanya komponen yang berbeda. Seperti di sektor kesehatan, itu ada dua komponen yaitu komponen Ibu Hamil dan Balita.

Sementara untuk komponen pendidikan, jumlah komponennya itu ada tiga, SD, SMP dan SMA.

“Jika ibu hamil dan Balita itu masing-masing Rp.750 000 per tiga bulan. Kalau SD Rp.225 000, SMP Rp.375 000, dan SMA Rp.500 000. Sementara untuk Lansia berumur 70 tahun Rp.600 000 per tiga bulan. Termasuk Disabilitas berat juga dapat Rp.600 000 pertiga bulan,” urai Munawir.

”Jadi dipastikan warga yang menerima bantuan ini sudah terverifikasi sebagai keluarga kurang mampu,” sambung Munawir.

Penyaluran bantuan berupa uang tunai ini mulai dilakukan di Kecamatan Malili. Lokasi penyalurannya di bagi dua titik yaitu di gedung Simpurusiang Malili dan di Karebbek.

Sementara untuk besok, penyaluran akan dilakukan di Kecamatan Wotu.

“Sangat diharapkan peserta yang sudah menerima bantuan tersebut bisa membelanjakan kebutuhan secara tepat dan uang yang ada di rekening dianjurkan saldonya Nol,” pungkas Munawir. (rlr)

Komentar

News Feed