oleh

Absen Hari Pertama Pascacuti Lebaran, Separuh Tunjangan Kinerja ASN Lutra tak Dibayarkan

LUTRA, RADARLUWURAYA – Kedisiplinan menjadi hal terpenting dan harus menjadi budaya kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai aparatur pemerintah yang baik, berkualitas, dan bisa meneladani. Untuk hal ini, ASN harus bisa menjadi contoh yang baik, termasuk disiplin dalam kehadiran pascalibur panjang atau pascacuti Lebaran.

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, menegaskan, kehadiran pascacuti Lebaran mutlak harus dilakukan. Jika tidak, maka ada konsekuensi yang harus ditanggung ASN, yakni separuh tunjangan kinerja tak bisa dibayarkan. ”Kepada para Kepala Perangkat Daerah untuk mengecek di unit kerja masing-masing. Jika ada yang tak masuk kerja di hari pertama berkantor, maka tunjangan kinerja tidak dibayarkan separuh,” tegas Indah usai pertemuan virtual bersama Plt. Gubernur Sulsel, Senin (17/5/2021), di Masamba.

Ketegasan Bupati Indah bukan tanpa alasan yang jelas. Sebab dirinya sedari awal sebelum cuti Lebaran sudah mengingatkan bahwa tidak boleh ada ASN yang menambah libur tanpa alasan yang jelas. “Sejak awal kita sudah sampaikan bahwa tidak boleh ada libur tambahan,” jelasnya. Gayung pun bersambut. Inspeksi mendadak (sidak) ke seluruh Perangkat Daerah langsung dilakukan, Senin pagi (17/5). Sidak dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Armiady.

Armiady didampingi Asisten Pemerintahan Jumal Jayair Lussa, Plt. Asisten Ekonomi Pembangunan Alauddin Sukri, Asisten Administrasi Umum Eka Rusli, Kepala BKPSDM Nursalim, dan Kabag Pemerintahan Akram Risa. Sidak dimulai dari Kantor BKPSDM, disusul Dinas TPHP, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Peternakan, Satpol PP, kemudian BPBD. Menyusul kantor lainnya. Tingkat kehadiran masing-masing Perangkat Daerah hampir 100%.

Di BKPSDM misalnya, dari 35 jumlah ASN, lima di antaranya sakit dan dan satu cuti alasan penting. Dinas TPHP, dari 51 jumlah ASN, semuanya hadir. Pun Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, 23 ASN hadir semua. Dinas Peternakan, 29 ASN hadir semua. Satpol PP, 68 ASN hadir semua. Sementara BPBD, dari 23 ASN, satu orang sakit, dan satu orang cuti. “Alhamdulillah, jika dilihat dari beberapa Perangkat Daerah yang telah kita sidak hari ini, kehadiran rata-rata 100%,” ungkap Armiady.

Untuk itu, ia memberi apresiasi kepada seluruh Perangkat Daerah yang masih memiliki kesadaran untuk tetap disiplin masuk kerja di hari pertama masuk kantor pasacuti Lebaran. “Kita bersyukur, sekaligus mengapresiasi teman-teman ASN lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara karena telah memiliki kesadaran yang tinggi,” terang Armiady. “Kita harap kondisi ini tetap bertahan. Artinya, jangan hanya hari pertama semangat berkantor, tapi kita harap selanjutnya seperti ini,” pungkasnya. (hms)

Komentar