oleh

BKAD Road Show Serap Aspirasi Masyarakat Desa

LUTIM, RADARLUWURAYA.com – Badan Koordinasi Antar Desa (BKAD) Kawasan Layanan Jasa dan Perkotaan Kecamatan Malili, Luwu Timur, melakukan road show ke Desa Desa dan Kelurahan se Kecamatan Malili. Itu dilakukan untuk menyerap masukan dan usulan yang diprogramkan oleh masyarakat di desa masing masing.

Kegiatan ini sudah dimulai pada pekan lalu di Desa Puncak Indah, kemudian dilanjutkan pada Selasa 28 September 2021 di Kelurahan Malili, dan kali ini Rabu 29 September 2021 di Desa Baruga.

Ketua BKAD Kecamatan Malili, Hikwan Hafid mengatakan, kegiatan ini dilakukan semata untuk menyerap usulan masyarakat dari desa masing masing. Kemudian, ketika usulan masyarakat itu sudah tertampung di desa/kelurahan maka selanjutnya akan direngking, yang mana menjadi skala prioritas guna dipila dan akan dibawa ke tingkat kecamatan untuk dibahas.

Namun perlu diketahui, Kata Hikwan, bahwa didalam kegiatan ini diharapkan masyarakat berpikir jernih dan memahami agar dalam mengusulkan program haruslah berbasis kawasan dan tidak keluar dari buku induk program PKPM yaitu RPKP yang ada.

Selain itu masyarakat juga diharapkan, ketika mengusulkan suatu program supaya dapat memikirkan kegiatan yang tidak membutuhkan biaya besar dan pengurusan yang rumit, melainkan kegiatan yang mempunyai impact besar kepada warga setempat.

Dan untuk sekedar diketahui, misalnya di Kelurahan Malili, masyarakatnya mengusulkan pembentukan event organizer yang nantinya dikelolah langsung Bumdes. Sementara program Lopi Wecudai konstruksinya agar diubah dari besi menjadi kayu.

Di Kelurahan Malili, dihadiri oleh Lurah Malili, Ketua BKAD Kecamatan Malili, Pendamping Program, PIC verifikasi, serta ketua IPMK hingga pengurus Bumdes. Hadir pula para tokoh masyarakat, para kepala lingkungan serta kepala RW se Kelurahan Malili. (*/Key)

Komentar

News Feed