oleh

BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca di Luwu Raya, Masyarakat Diminta Waspada

Lutra, RadarLuwuRaya.com — Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini kondisi cuaca untuk wilayah Luwu Raya, Jumat (27/8/2021), pukul 22.00 wita. Prakirawan BMKG Masamba, Luwu Utara, menyebutkan bahwa masih berpotensi terjadi hujan sedang-lebat, disertai kilat/petir dan angin kencang pada pukul 22.30 wita.

Kondisi cuaca di Luwu Raya diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 01.30 wita. Khusus Luwu Utara, beberapa wilayah kecamatan yang berpotensi terjadi hujan sedang-lebat, disertai kilat/petir dan angin kencang hingga pagi dini hari nanti adalah Sabbang, Baebunta, Masamba, Mappedeceng, Sukamaju, Bonebone, Rongkong, Seko dan sekitarnya.

Kondisi cuaca ini pula diperkirakan dapat meluas ke wilayah Malangke, Malangke Barat, dan sekitarnya. Untuk itu, masyarakat diminta tetap waspada terhadap kondisi cuaca ekstrim. Masyarakat juga diminta tetap selalu memperhatikan informasi cuaca yang rutin dikeluarkan BMKG sebagai langkah mitigasi-antisipasi jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Sebelumnya, BPBD Luwu Utara melalui akun resmi fanpage facebook-nya juga meminta masyarakat, utamanya yang berada di bantaran sungai, untuk meningkatkan kewaspadaannya. Mengingat intensitas curah hujan masih sangat tinggi. “Diharap waspada dan siaga!” tulis akun BPBD Luwu Utara. Sementara salah seorang personil BPBD, Ismar Sukma, menyebutkan personil TRC PB BPBD telah siaga di beberapa titik untuk terus memantau perkembangan kondisi di beberapa sungai. “Tetap siaga dan waspada!,” tandasnya.

Sementara itu, untuk wilayah Luwu Raya, seperti Luwu, Palopo dan Luwu Timur, juga diminta tetap waspada dengan kondisi cuaca saat ini. Wilayah Kabupaten Luwu yang mendapat peringatan dini adalah Walenrang, Lamasi dan sekitarnya. Sementara Luwu Timur, masyarakat diminta waspada di wilayah Mangkutana, Wasponda, Kalaena, Tomini dan sekitarnya. Pun dengan kota Palopo dan sekitarnya. Tetap waspada! (Chiqa)

Komentar