oleh

Bupati Budiman Resmi Menjadi Pengurus APKASI

LUWU TIMUR, RADARLUWURAYA.com – Bupati Luwu Timur, H. Budiman mendapat kepercayaan menduduki salah satu jabatan di jajaran Dewan Pengurus Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI).

Jabatan tersebut yakni Sekretaris Bidang Informasi dan Komunikasi. Hal tetsebut terungkap pada Pengukuhan Dewan Pengurus Apkasi masa bakti 2021-2026 di Pecatu Ballroom, Bali Nusa Dua Convetion Centre (BNDCC) Nusa Dua Bali, Sabtu (19/06/2021) pekan kemarin.

Bupati Luwu Timur, H. Budiman usai pengukuhannya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh APKASI.

“Semoga dalam mengemban amanah sebagai Sekretaris Bidang Informasi dan Komunikasi dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab,” ucapnya.

Menurut Budiman, wadah organisasi APKASI ini bermanfaat untuk kepentingan daerah sebagai upaya kesejahteraan warga dan kemajuan Daerah.

“Lewat APKASI saya akan berkoordinasi dan berkonsultasi dengan beberapa daerah nanti dalam hal kerja sama antar daerah,” tandas Budiman.

Pengukuhan Budiman dilakukann oleh Ketua Umum APKASI Periode 2021 – 2026, Sutan Riska Tuanku Kerajaan sekaligus Bupati Dharmasraya bersama 112 Bupati lainnya berdasarkan lampiran Surat Nomor 199/ADM/DP-Apkasi/VI/2021, Pengukuhan tersebut disaksikan langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian yang juga selaku Ketua Dewan Penasehat APKASI.

Dalam laporannya, Ketua Umum APKASI, Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengatakan, penyusunan pengurus sesuai kebutuhan organisasi dalam rangka mendukung program Pemerintah.

“Penyusunan struktur kepengurusan dilakukan penuh pertimbangan dengan melibatkan berbagai kepentingan baik itu keterwakilan daerah, senior, junior serta keterwakilan gender,” jelas Sutan Riska Tuanku Kerajaan.

Selain itu kata Sutan, di daerah dibentuk pula 34 pengurus wilayah sesuai jumlah Provinsi. Secara keseluruhan jumlah personil yang duduk dalam kepengurusan APKASI sebanyak 114 Bupati dari 416 Bupati di Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut Ketua umum APKASI mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada Mendagri atas perkenannya mengukuhkan dirinya sebagai ketua APKASI masa bakti 2021 -2026 pada Munas V, 26 Maret lalu.

“Tentunya hal ini sebagai dukungan dan penyemangat bagi organisasi APKASI dalam bekerja memajukan dan mewujudkan cita-citanya yakni meningkatkan kesejahteraan rakyat di daerah,” tambahnya.

Di hadapan Mendagri, Ia juga menyampaikan bahwa kedepannya APKASI akan lebih meningkatkan perannya terutama dalam hal berkolaborasi dan bersinergi dengan Pemerintah pusat untuk membangun bangsa.

Selanjutnya, kepada Dewan Pengurus APKASI yang baru dikukuhkan, Ia mengajak untuk bersama sama meneguhkan komitmen untuk menjadikan APKASI sebagai rumah bersama untuk memperjuangkan aspirasi segenap anggota di daerah.

“Saya menaruh harapan besar kepada pengurus yang baru dikukuhkan agar lebih proaktif meluangkan waktu dan pikiran demi mengawal pelaksanaan otonomi daerah sehingga segera terwujud keadilan dan kesejahteraan di daerah masing masing,” harapnya.

Sementara Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian dalam arahannya berpesan agar APKASI sebagai organisasi kepala daerah terbesar diharapkan dapat menyerap aspirasi di daerah dan menjembatani dengan Pemerintah pusat. Menurutnya, daya dorong APKASI akan lebih kuat kepada Pemerintah pusat ketimbang harus bergerak sendiri-sendiri.

“Saya berharap APKASI dapat menjadi jembatan antara pusat dan daerah. Daya dongkrak dalam menyampaikan aspirasi daerah melalui APKASI akan lebih kuat, dibandingkan bergerak sendiri sendiri,” tuturnya.

Mendagri Tito juga berpesan agar APKASI dapat memahami kebijakan Pemerintah pusat, dan menerjemahkannya di daerah-daerah. Sehingga terjadi hubungan timbal balik antara Pemerintah pusat dan Pemerintah daerah yang lebih baik.

Selanjutnya, Mendagri juga memberikan apresiasi kepada pengurus APKASI yang telah menunjuk Bali sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan.

“Disamping dalam rangka mengembangkan solidaritas kepala daerah yang tertekan akibat pandemi, kehadiran kita disini juga mendukung program Working From Bali yang sementara dicanangkan oleh Pemerintah Provinsi Bali dalam rangka pemulihan ekonomi di Bali,” ujar Tito.

Selain menggelar pengukuhan Dewan Pengurus, ditempat yang sama APKASI juga melaksanakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XIII tahun 2021.

Rakernas yang mengusung tema yaitu “Tantangan dan Harapan : Membangun Ekonomi Daerah di Masa Pandemi Covid-19” dibuka Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian dengan menghadirkan narasumber oleh para menteri yakni Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto, Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Keuangan, Sri Mulyani, Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno dan Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki. (hms)

Komentar

News Feed