oleh

Bupati Lutra Terima Kunker Panglima KODAM XIV Hasanuddin

MASAMBA, RADARLUWURAYA.com — Kunjungan kerja (Kunker) Panglima KODAM XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno, S.H .,M.H diterima langsung oleh Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, Senin(7/6) sekira pukul 16.59 WITA di Aula La Galigo Kantor Bupati.

Kepada Pangdam XIV dan seluruh rombongan, Indah menyampaikan ucapan selamat datang sembari berterima kasih atas dukungan TNI dalam menjaga keutuhan NKRI.

“Secara pribadi pak Pangdam bukan orang baru di Luwu Utara, beliau pernah kesini meski bukan kunjungan kedinasan. Untuk itu, kami berharap kunjungan bapak bersama Ibu dan rombongan menjadi berkah bagi Luwu Utara,” ucap Indah mengawali sambutannya.

Indah juga melaporkan bahwa Kabupaten Luwu Utara merupakan kabupaten dengan wilayah terluas di Sulsel.

“Luwu Utara merupakan salah satu kabupaten dari 24 kabupaten/kota di Sulsel dengan luas 7502,58 km². Akan tetapi luas lahan yang menjadi kewenangan kami 33%, selebihnya dalam kawasan. Tentu ini membutuhkan dukungan semua pihak untuk menjaganya termasuk dari TNI. Kami sadar persis dengan luasan yang besar, dengan daerah tutupan hutan yang masih sangat tinggi, ini rentan terjadi mobilitas orang untuk melakukan aktivitas yang tidak kita inginkan. Luwu Utara juga berbatasan dengan Provinsi Sulteng dan Sulbar. Oleh karena itu kehadiran TNI bersama seluruh jajaran dan pemangku kepentingan yang lain tentu kami rasakan sangat dibutuhkan di Kabupaten Luwu Utara untuk memastikan keutuhan NKRI tetap terjaga,” terang bupati perempuan pertama di Sulsel ini.

Melalui kesempatan tersebut, Indah juga mengajak TNI menjadi bagian dalam menjaga lingkungan.

“Luwu Utara terbagi dalam 15 kecamatan, 173 desa dan kelurahan. 152 diantaranya masuk dalam kawasan rawan bencana. Melalui kesempatan yang baik ini, kami mengajak rekan-rekan termasuk TNI menjadi bagian dalam menjaga lingkungan, karena potensi terbesar datang akibat kerusakan lingkungan hidup.
Sekali lagi, kami mohon dukungan sebab kami merasakan betul kehadiran TNI POLRI dan yang lainnya terutama pada masa tanggap darurat banjir bandang 13 Juli 2020 lalu hingga hari ini.
Antara lain membangun hunian sementara di Dusun Panampung, Desa Radda, kemudian masih berlanjut program pemulihan. Juga peran TNI menjaga kondusifitas Pemilukada beberapa waktu lalu. Sekali lagi, kami mengucapkan selamat datang, semoga kunjungan bapak pangdam dapat menikmati keramah-tamahan warga Luwu Utara,” ucap Indah yang hadir bersama Wakil Bupati Luwu Utara, Suaib Mansur, Forkopimda, Sekda, Asisten Setdakab, dan beberapa pimpinan perangkat daerah.

Sementara itu, Panglima KODAM XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno, S.H .,M.H mengatakan, sejak dilantik pada 1 April lalu, Ia langsung turun melihat kondisi.

“Kami masih punya PR di beberapa daerah lagi untuk dikunjungi. Pengenalan kondisi penting untuk kemudian merumuskan kebijakan dalam rangka meningkatkan kualitas SDM,” kata Mayjen TNI, Mochamad Syafei.

Panglima yang berasal dari Sulut ini juga menuturkan, keberadaan TNI untuk membantu pemerintah mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

“Seperti harapan ibu bupati mudah-mudahan kita bisa membantu rehabilitasi pascabanjir. Juga membuka daerah terpencil sebab daerah terisolir tidak asing buat saya. Saya punya rumah di puncak Jawa Barat dan pemandangan Seko itu tidak kalah indahnya jika dikelola dengan baik.
Itu tantangan bagi kita bersama, mudah-mudahan tugas kita bersama sesuai undang-undang yaitu menjaga kedaulatan Bangsa. Keberadaan TNI membantu pemerintah mewujudkan kesejahteraan di masyarakat. Saya titip prajurit bu bupati, mudah-mudahan bisa membantu tugas-tugas Pemda,” tutur Pangdam XIV Hasanuddin. (hms)

Komentar

News Feed