oleh

Bupati Luwu: 30 Persen APBD Diporsir ke Walmas

* Jalan Poros Waltim dan Jembatan Dibangun 2022

WALMAS, RADARLUWURAYA,com – Bupati Luwu, Dr H Basmin Mattayang menyebutkan, setiap tahunnya, 30 persen anggaran Pemerintah Daerah (Pemda)
Kabupaten Luwu diporsir untuk wilayah Walenrang-Lamasi (Walmas). Namun menurutnya, pembangunan masih kurang nampak, dikarenakan luasnya wilayah ini.

Hal itu disampaikan saat menghadiri pesta panen di Desa Taba, Kecamatan Walenrang Timur (Waltim), Kabupaten Luwu, Kamis 01 Juli 2021.

Pada kesempatan itu, Basmin juga menjanjikan pembangunan jembatan yang menghubungkan Lamasi-Walenrang Timur bisa direalisasikan tahun 2022 mendatang.

“Terkait pembangunan, saya bersama Ketua DPRD, Rusli Sunali, yang turut hadir, akan mengupayakan di tahun 2022. Akan dianggarkan untuk pengerjaan jalan poros Walenrang Timur, serta pembangunan jembatan antara Lamasi dan Walenrang Timur,” ujar Basmin.

Untuk pembangunan rumah-rumah ibadah, Basmin berjanji akan memprogramkan sesuai dengan kondisi keuangan daerah.

“Namun untuk permintaan kepala desa terkait pembangunan masjid, izinkan saya secara pribadi membantu Rp20 juta,” imbuh Basmin.

Pada pesta panen tersebut, Basmin menyerahkan 2.204 persil sertifikat yang tersebar di 5 Desa di Kecamatan Walenrang Timur.

Warga mendapatkan program persertifikatan tanah gratis melalui BPN Kabupaten Luwu. Sertifikat tanah tersebut secara simbolis diserahkan Bupati Luwu, Basmin Mattayang.

Basmin, mengapresiasi pelaksanaan pesta panen yang dilaksanakan di Kecamatan Walenrang Timur.

Menurutnya, kegiatan itu bentuk pelestarian budaya luhur juga sebagai wujud kebahagiaan dan kegembiraan masyarakat atas keberhasilan di sektor pertanian.

“Budaya luhur ini perlu tetap kita lestarikan sebagai bentuk rasa syukur atas berlimpahnya hasil alam yang dipanen dan semoga panen selanjutnya dapat meningkat,” ujar Basmin.

Sementara itu, Camat Walenrang Timur, Ibrahim, merincikan, di Desa Seba-seba melalui program PTSL sebanyak 1.004 Persil tahun 2020, Desa Tabah melalui program Redis sebanyak 300 Persil tahun 2020, kemudian masih dalam proses untuk Desa Pangalli melalui program Radis sebanyak 300 Persil, Desa Suka Damai sebanyak 350 Persil, dan Desa Rantai Damai sebanyak 250 Persil.

“Juga ada beberapa aset Pemda yang telah disertifikatkan yakni 11 Sekolah Dasar, Kantor Camat Walenrang Timur, Kantor Puskesmas Walenrang Timur, dan lapangan sepak bola Andi Djemma Desa Tabah yang sudah bersertifikat melalui program Dinas Pertanahan Kab. Luwu,” jelas Ibrahim.

Selain sertifikat tanah, Bupati Luwu juga menyerahkan pompa air dan bibit jagung 3 ton yang diterima secara simbolis oleh petani wilayah Walenrang Timur.

Seperti diketahui areal persawahan di Kecamatan Walenrang Timur merupakan salah satu wilayah dengan lahan pertanian terluas di Kabupaten Luwu yakni seluas 3.344 Ha dengan hasil produktifitas padi permusim rata-rata mencapai 8 ton perhektar, perkebunanseluas 450 ha dan tambak seluas 1004 ha. (hms)

Komentar

News Feed