oleh

Cara Mengembalikan Kapasitas Hardisk External Yang Hilang

Cara Mengembalikan Kapasitas Hardisk External Yang Hilang – YOGYAKARTA – Rasa bersalah menghapus data atau file secara tidak sengaja sudah pasti dirasakan oleh semua pengguna komputer dan laptop. Entah Anda sengaja atau tidak, ketika file penting tiba-tiba hilang, Anda pasti akan merasa bingung.

Untuk memeriksa file yang dihapus. Namun, lain halnya jika file tersebut terhapus permanen secara tidak sengaja. Panik, bingung, sedih – campur aduk.

Cara Mengembalikan Kapasitas Hardisk External Yang Hilang

Cara Mengembalikan Kapasitas Hardisk External Yang Hilang

Lebih panik lagi jika file yang dihapus disimpan di hard drive eksternal. Untuk memulihkannya, diperlukan upaya tambahan. Karena akan sulit dilacak di memori internal komputer atau laptop.

Service Hard Disk

Kami telah merangkum tiga cara memulihkan file yang hilang dari hard drive eksternal yang dapat Anda coba. Ingin tahu seperti apa langkah-langkahnya? Lihat uraian di bawah ini, ya?

Jika sebelumnya Anda telah menyiapkan cadangan riwayat file, Anda juga dapat melacak data yang dihapus melalui fitur ini. Untuk pengguna Windows, berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti.

Namun, cara kedua ini tidak disarankan bagi Anda yang belum memiliki pengalaman atau pengetahuan dalam menggunakannya

Pasalnya, setiap kata yang Anda ketik berpotensi untuk diartikan sebagai perintah dan dapat dijalankan langsung oleh sistem operasi. Jadi satu tipfeler saja bisa berakibat fatal kan?

Cara Mengunci Desktop Windows 10 Pakai Password

Jika Anda takut atau ragu melakukannya sendiri, tetap tenang. Sekarang ada banyak pilihan perangkat lunak pemulihan data (

Ada software berbayar, ada juga yang gratis. Perbedaannya tentu saja terletak pada kepraktisan dan kelengkapan layanannya.

Membayar biasanya pengembang telah menambahkan fitur yang mempermudah proses pemulihan data. Jenis fitur yang tidak dapat Anda akses

Cara Mengembalikan Kapasitas Hardisk External Yang Hilang

Jadi ini adalah beberapa cara untuk memulihkan file yang hilang dari hard drive eksternal. Semoga penjelasan di atas bisa membantu kamu mengatasi masalah ini ya. Baru tadi siang saya menjumpai hardisk yang tiba-tiba tidak terbaca dan muncul pesan error “HDD is not available. Parameternya tidak valid”. Saya selalu mendapat pesan kesalahan saat mencoba membukanya menggunakan Windows File Explorer.

Cara Mengembalikan Rekaman Cctv Yang Sudah Terhapus [work!]

Seingat saya sekarang, kejadian ini terjadi setelah saya cepat-cepat mencabut hardisk eksternal TANPA melepasnya terlebih dahulu.

Awalnya sekali atau dua kali masih tidak masalah, tapi harddisk bisa terbaca normal. Tapi setelah dimatikan, dihidupkan, dimatikan, dihidupkan terus-menerus tanpa melepasnya, inilah hasil akhirnya 😥

Parameter Mengatasi HDD salah! Sebenarnya cara ini tidak hanya untuk hardisk saja, tetapi juga berlaku untuk media penyimpanan USB lainnya. Contohnya termasuk flash drive, pembaca kartu (mengandung microSD), hard drive, SSD, dll.

1. Menggunakan baris perintah langkah 1 adalah langkah SEDERHANA yang harus Anda coba terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan beberapa hardisk/flashdisk yang tidak terbaca dan memiliki kategori kerusakan ringan dapat ditangani dengan cara ini.

Usb Hub 8 Port Dan Usb Type C Terbaik

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, hard drive Anda yang sebelumnya tidak dapat diakses akan dapat dibaca kembali. (mulai dari label, ukuran, file2 akan terbuka dengan benar)

Untuk yang beruntung (kurang damage), gunakan saja cara ini, pada dasarnya masalah sudah selesai. Dan bagi yang kurang beruntung 😥, tidak ada salahnya mencoba cara lain di bawah ini.

Perhatikan bahwa hard disk / flash drive dengan kesalahan “parameter tidak valid”, tentu saja, partisi hard disk masih dapat dibaca, bukan? (meskipun tidak tersedia)

Cara Mengembalikan Kapasitas Hardisk External Yang Hilang

Catatan: Ada beberapa hard drive yang akan memakan waktu lama untuk memuat jika Anda mengklik kanan, dan beberapa bahkan tidak dapat diklik kanan. (itu semua tergantung seberapa buruk/rusaknya sektor pada HDD)

Easeus Data Recovery Wizard: Cara Mengembalikan Data Yang Hilang

Saya mendapat informasi bagaimana melakukan metode “Low Level Format” dengan membaca saran dari berbagai website yang saya kunjungi.

Inti dari poin nomor 3 sebenarnya hampir sama dengan melakukan “Quick Format” pada langkah nomor 2 di atas. Bedanya kali ini sistem pemformatan lebih dalam pemformatan ke root bahkan ke tulang. (bilang apa 😪)

Saran saya, lebih baik pelajari terlebih dahulu apa itu “Low Level Format”, jika sudah percaya diri dan menyerah, cobalah cara ini sambil bereksperimen. (jika berhasil beri tahu saya)

4. Terakhir kali, terakhir kali! Akhirnya, jika semuanya sudah selesai dan itu juga tidak berhasil… maka saya terpaksa menyarankan agar Anda melakukan LEMBIRU!

Cara Memperbaiki/mengatasi Hard Disk Tidak Terbaca

UPDATE: Beberapa jam kemudian… Ternyata harddisk kembali menampilkan “parameter salah” saat ditekan 2 kali. Hard drive ini tampaknya terlalu tua. (Hard drive laptop Samsung dilepas, 5 tahun setelah pembelian pada tahun 2015)

Catatan… Ingat, poin-poin yang saya tulis di atas adalah pendapat pribadi saya. Jadi masuk akal jika ada beberapa hal yang saya tidak setuju / setuju dengan Anda tentang membaca artikel ini.

Sementara itu, bagi Anda yang berkeliaran di sekitar blog ini, saran saya adalah JANGAN langsung pergi. Yang terbaik adalah melihat konten kumpulan artikel yang saya tulis di blog sederhana ini.

Cara Mengembalikan Kapasitas Hardisk External Yang Hilang

Sekian… Sekian artikel cara mengatasi HDD dan Flashdisk “salah parameter” (100% fix). Semoga informasi yang saya tuliskan pada artikel diatas dapat bermanfaat bagi anda yang membacanya.

Media Penyimpanan Terbaik Untuk Backup Data Foto / Video Jangka Panjang

Kolaborasi??? Silahkan PM 08233874**** (chat only) cek halaman info. 🤝 Follow me 📱IG : @ 📱FB : Reza Nauma || 💬 Email: reza.nauma@gmail.com ✅Jika hard drive eksternal Anda menunjukkan kapasitas yang salah, Anda akan melihat lebih sedikit ruang daripada kapasitas sebenarnya. Masalah dengan drive yang tidak menunjukkan kapasitas penuh dapat disebabkan oleh beberapa alasan. Cari tahu alasan sebenarnya

“Mengapa hard drive eksternal Seagate saya tidak menunjukkan kapasitas sebenarnya?” Saya menggunakan hard drive eksternal 4TB untuk membuat drive pemulihan dan cadangan reguler. Saat ini dengan laptop baru saya memutuskan untuk memformat ulang drive saya tetapi Windows mengatakan drive tersebut hanya 32GB. Bagaimana dengan ruang kosong lainnya?”

Pernahkah Anda mengalami situasi di mana hard drive eksternal Anda tidak menunjukkan kapasitas penuh pada PC Windows atau Mac Anda? Setelah diselidiki, ditemukan bahwa masalah ini sering terjadi pada sebagian besar hard disk Seagate, Lacie, Western Digital, atau Sandisk yang lebih besar dari 2 TB. Ya, hard drive 2TB Anda biasanya hanya menampilkan 500G, 200G, 127G atau 32G saat terhubung ke komputer. Namun, hard drive yang lebih kecil dari 2TB juga memiliki masalah yang sama. Apa alasannya? Bisakah Anda kembali ke kekuatan penuh?

Hard disk tidak menunjukkan masalah kapasitas penuh terutama disebabkan oleh menginisialisasi hard disk ke tabel partisi yang salah. Seperti yang kita semua tahu, tabel partisi MBR tidak dapat menangani lebih dari 2TB ruang. Itu sebabnya pemilik drive 3TB dan 4TB cenderung melihat lebih sedikit ruang disk daripada yang seharusnya. Untuk mengatasi masalah seperti ini, Anda perlu mengonversi MBR ke GPT.

Cara Mengembalikan File Terhapus/hilang Di Pc/komputer

Namun, mengapa disk yang lebih kecil dari 2TB yang tidak dibatasi oleh batas MBR masih memiliki informasi ukuran yang salah? Kali ini Anda harus memeriksa hard drive Anda untuk kesalahan.

Masalah driver dan firmware dapat menyebabkan Windows tidak dikenali dengan benar. Virus komputer dan partisi pemulihan tersembunyi juga dapat menyebabkan masalah serupa.

Saat perangkat penyimpanan tidak menunjukkan kapasitas atau ruang yang memadai di komputer Windows, penyebab paling umum dari masalah ini biasanya adalah driver hard drive eksternal atau firmware yang kedaluwarsa. Oleh karena itu, untuk memulihkan kapasitas penuh yang ditampilkan di komputer, diperlukan cara pertama dan kedua untuk memperbarui driver dan firmware drive.

Cara Mengembalikan Kapasitas Hardisk External Yang Hilang

Kami menyajikan dua metode gratis: Windows Disk Management dan Free Partition Manager. Video tutorial berikut mengajarkan Anda cara mengonversi MBR ke GPT menggunakan Manajemen Disk dan Manajemen Partisi.

Perangkat Lunak Pemulihan Hard Disk Eksternal Gratis Terbaik (2021)

CATATAN: Anda harus terlebih dahulu menghapus partisi dan kemudian menginisialisasi ke GPT di Manajemen Disk Windows. Partition Master dapat mengonversi MBR ke GPT tanpa kehilangan data, tetapi Anda perlu mengunduh dan menginstalnya di Windows 10/8.1/8/7.

Langkah 1. Menjaga hard drive eksternal tetap terhubung ke komputer, klik kanan Komputer Saya/Komputer Saya dan pilih Properti.

Anda kemudian akan melihat tanda seru berwarna kuning, klik kanan padanya dan pilih “Perbarui Driver” atau “Perbarui Driver”.

1. Hubungkan hard drive eksternal ke komputer dan klik kanan ikon Windows dan pilih Device Manager.

Ciri Hard Disk Bermasalah Dan Cara Mengatasinya

1. Kunjungi situs web produsen hard drive eksternal dan buka halaman dukungan perusahaan atau cari situs untuk mengunduh driver.

3. Selanjutnya, masukkan nomor model hard drive atau hard drive eksternal Anda ke dalam search knowledge base, download download atau model/part ID untuk menemukan update firmware yang benar.

Jika firmware baru tersedia di drive, klik Unduh, Instal, atau Unduh Firmware untuk mengunduh dan menginstalnya di drive USB yang dapat dilepas.

Cara Mengembalikan Kapasitas Hardisk External Yang Hilang

1. Buka USB yang dapat dilepas dari firmware pada hard drive eksternal dan klik kanan file ISO, pilih Burn Disc Image.

Jasa Recovery Data & Service Hard Disk

2. Masukkan disk atau USB yang “dapat ditulisi” ke komputer Anda dan pilih drive optik di Drive Burner dan klik Bakar.

3. Restart komputer dan disk atau drive USB yang dibakar, lalu tekan F2, F10, F12 atau Esc untuk masuk ke BIOS.

5. Ikuti petunjuk untuk mengupdate firmware dan saat Anda menyelesaikan proses update, hard drive eksternal akan bekerja dengan kapasitas penuh.

Jika setelah memperbaiki masalah kapasitas hard disk, Anda menghadapi masalah lain seperti kehilangan data dan Anda tidak memiliki cadangan data, segera unduh dan instal Data Recovery Wizard untuk memulihkan data yang hilang, terhapus, atau terformat dari hard disk. Perangkat lunak ini tersedia untuk versi Windows dan Mac OS X / macOS. Unduh versi yang sesuai tergantung pada perangkat yang Anda gunakan.

Cara Mengatasi Hardisk Eksternal Terbaca Tapi Tidak Bisa Dibuka

Jalankan wisaya pemulihan data dan pilih hard drive tempat file Anda hilang atau terhapus. Tekan Pindai untuk mulai memindai semua data dan file yang hilang.

Perangkat lunak pemulihan hard drive akan memindai seluruh drive yang dipilih dan menemukan semua file yang hilang termasuk semua data yang ada dan tersembunyi.

Setelah memindai, pilih file yang ingin Anda pulihkan dan klik Pulihkan untuk menyimpannya ke lokasi yang aman di komputer Anda atau perangkat penyimpanan eksternal lainnya. Saya sendiri

Cara Mengembalikan Kapasitas Hardisk External Yang Hilang

Cara mengembalikan file yang hilang di hardisk eksternal tanpa software, mengembalikan data hardisk external yang terformat, cara mengembalikan hardisk yang hilang, mengembalikan file hilang di hardisk, mengembalikan file yang hilang di hardisk eksternal, mengembalikan data yang hilang di hardisk eksternal, mengembalikan data yang hilang di hardisk, cara mengembalikan file yang hilang di hardisk, cara mengembalikan data yang hilang di hardisk external, cara mengembalikan data yang hilang di hardisk eksternal, cara mengembalikan file yang hilang di hardisk eksternal, cara mengembalikan data yang hilang di hardisk

Komentar