oleh

Gula Darah Tinggi Apa Yang Harus Dilakukan

Gula Darah Tinggi Apa Yang Harus Dilakukan – Gula darah tinggi bisa menyerang siapa saja. Pastikan Anda mengetahui tanda dan gejala gula darah tinggi berikut ini.

Gula darah tinggi, atau hiperglikemia, adalah kondisi di mana terlalu banyak gula dalam darah karena tubuh tidak memproduksi cukup insulin. Bisa juga karena tubuh tidak mampu menggunakan insulin dengan baik dan benar.

Gula Darah Tinggi Apa Yang Harus Dilakukan

Gula Darah Tinggi Apa Yang Harus Dilakukan

Pada tahap awal, gejala gula darah tinggi sangat ringan sehingga orang mungkin tidak menyadarinya. Pada beberapa orang, gejala hiperglikemia bahkan muncul bertahun-tahun kemudian.

Kadar Gula Darah Normal Dan Cara Mencegah Penyakit Diabetes

Gula darah tinggi bisa terjadi pada siapa saja, bahkan orang sehat sekalipun. Hanya saja, penderita pradiabetes dan diabetes memiliki risiko hiperglikemia lebih tinggi.

Orang dengan hiperglikemia terkadang tidak memiliki gejala. Namun, Anda tetap harus mewaspadai tanda dan gejala gula darah tinggi. Berikut 10 gejala gula darah tinggi:

Salah satu akibat dari gula darah tinggi yang tidak terkontrol adalah rasa lapar yang lebih sering dari biasanya. Rasa lapar yang meningkat juga dikenal dalam pengobatan sebagai polifagia. Biasanya, orang yang makan terlalu banyak bisa mengalami kenaikan berat badan.

Namun, peningkatan rasa lapar yang disebabkan oleh gula darah tinggi dapat menyebabkan penurunan berat badan yang signifikan. Ini terjadi karena tubuh terus memecah otot dan lemak untuk energi.

Olahraga Saat Gula Darah Tinggi Apakah Boleh? Ketahui Aturannya Untuk Diabetes

Oleh karena itu, orang dengan hiperglikemia mungkin mengalami penurunan berat badan yang tidak diinginkan dan tidak sehat. Selain perubahan berat badan dan nafsu makan, Anda juga mungkin mengalami kelemahan otot dan lebih sering jatuh.

Jika belakangan ini Anda merasa mudah lelah atau tidak dapat melakukan aktivitas normal karena kelelahan, bisa jadi itu adalah tanda gula darah tinggi yang tidak terkontrol.

Hiperglikemia membuat seseorang mudah lelah karena tubuh tidak menggunakan insulin dengan baik atau tubuh tidak memiliki cukup insulin. Padahal insulin berperan penting dalam mengubah gula menjadi energi.

Gula Darah Tinggi Apa Yang Harus Dilakukan

Biasanya, sel-sel tubuh menyerap gula dari darah untuk energi. Namun, pada hiperglikemia, gula tetap berada di dalam darah alih-alih diangkut ke sel. Hal ini menyebabkan kurangnya nutrisi untuk sel-sel tubuh.

Menu Makanan Untuk Penderita Diabetes Dan Hipertensi

Membuat badan terasa loyo atau mudah lelah. Rasa lelah ini biasanya muncul setelah makan, terutama setelah makan yang kaya karbohidrat.

Tanda dan gejala gula darah tinggi lainnya termasuk penglihatan kabur. Jika Anda merasa penglihatan Anda tidak sejelas dulu, atau penglihatan Anda kehilangan fokus saat melihat benda atau benda, ini bisa menjadi tanda gula darah yang tidak terkontrol.

Gula darah yang tinggi dapat menyebabkan lensa mata membengkak akibat kebocoran cairan, sehingga sulit untuk fokus dan akhirnya mengganggu penglihatan.

Penglihatan buram dan sakit kepala bisa menjadi gejala penyakit lain. Untuk mengetahui penyebabnya, segera temui dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Gula Darah Ivan Gunawan Sempat Capai 300, Apa Bahayanya?

Tanda gula darah tinggi adalah ketika cedera kulit, seperti goresan, memar, luka, atau benjolan akibat gigitan serangga, mungkin membutuhkan waktu lama untuk hilang atau sembuh.

, orang dengan gula darah tinggi dapat menderita kerusakan arteri dan memengaruhi sirkulasi, terutama di kaki dan tungkai.

Kerusakan saraf dapat menyebabkan luka membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh karena tidak ada cukup aliran darah ke area tersebut. Bahkan luka kecil pun bisa terinfeksi dan menjadi sangat parah sehingga harus dipotong.

Gula Darah Tinggi Apa Yang Harus Dilakukan

Seperti yang telah dijelaskan di atas, gula darah yang tidak terkontrol dapat menyebabkan kerusakan saraf atau neuropati diabetik. Kondisi ini juga sering menyebabkan kesemutan dan mati rasa pada tangan dan kaki.

Cara Alami Menurunkan Kadar Gula Darah Paling Efektif

Atau pertumbuhan berdaging pada kulit yang terlihat seperti kutil juga bisa menjadi tanda gula darah yang tidak terkontrol. saya setuju

Area kulit yang gelap dan menebal, juga dikenal sebagai acanthosis nigricans, dapat berkembang di bagian belakang leher atau di lengan, ketiak, wajah, atau area lainnya. Ini bisa menjadi tanda resistensi insulin.

Perubahan warna, gatal, infeksi, lecet dan lesi kulit bisa menjadi tanda peringatan gula darah tinggi. Jika Anda melihat perubahan kulit ini, hubungi dokter Anda.

Hiperglikemia dapat menyebabkan infeksi jamur yang sering. Jenis ragi ini biasanya menyerang area kemaluan

Apa Yang Dapat Dilakukan Untuk Mencegah Diabetes?

Gejala gula darah tinggi pada wanita mungkin termasuk gatal pada alat kelamin, kemerahan atau nyeri, nyeri saat berhubungan seksual dan buang air kecil, dan keluarnya cairan kental yang tidak normal.

Infeksi ragi lebih sering terjadi pada orang dengan hiperglikemia karena ragi memakan gula, sehingga gula darah yang tinggi dapat menyebabkan pertumbuhan jamur yang berlebihan.

Kondisi ini lebih sering terjadi pada wanita dengan hiperglikemia. Pria yang tidak disunat dengan hiperglikemia juga berisiko tinggi terkena infeksi jamur.

Gula Darah Tinggi Apa Yang Harus Dilakukan

, tanda gula darah yang tidak terkontrol lainnya adalah gusi yang mudah membengkak dan berdarah.

Uji Glukosa Gula Darah Puasa (fasting Blood Sugar, Fbs) (darah)

Kondisi ini terjadi karena terdapat glukosa di dalam air liur dan konsentrasinya meningkat. Semakin banyak bakteri yang bersentuhan dengan makanan di mulut, membentuk plak dan menyebabkan penyakit gusi.

Gejala mungkin termasuk gusi merah atau bengkak. Jika tidak diobati, kondisi ini dapat berubah menjadi periodontitis yang dapat menyebabkan gusi memerah atau sakit atau bahkan kehilangan gigi.

Mual, muntah, kesulitan bernapas atau napas dalam, cepat, dan kehilangan kesadaran adalah tanda bahwa Anda harus mencari perawatan darurat.

Gejala hiperglikemia ini bisa menjadi tanda peringatan kondisi terkait diabetes lainnya yang dapat menyebabkan kematian jika tidak ditangani.

Hati Hati, Gejala Gula Darah Tinggi Yang Harus Diwaspadai Sebelum Terlambat

Pria dengan diabetes tiga kali lebih mungkin mengalami disfungsi ereksi daripada pria tanpa diabetes. Hal yang sama berlaku untuk pria yang memiliki gula darah tinggi tanpa diabetes.

Sebagian besar kondisi ini disebabkan oleh bagaimana hiperglikemia merusak pembuluh darah yang dibutuhkan untuk mendapatkan atau mempertahankan ereksi. Jika Anda mengalaminya, segera cari pertolongan medis.

Hanya karena beberapa orang mungkin tidak memiliki gejala gula darah di atas, bukan berarti Anda tidak boleh melakukan tes diabetes.

Gula Darah Tinggi Apa Yang Harus Dilakukan

Selalu ingat untuk #Jaga kesehatan! Di dalam aplikasi, Anda dapat menemukan informasi tentang cara mengobati gula darah tinggi dan informasi kesehatan lainnya. Kadar gula darah di atas 400 mg/dL dapat menyebabkan beberapa masalah. Pelajari cara menurunkan gula darah tinggi di sini.

Hindari Penyakit Jantung Dengan Cek Gula Darah

Saat Anda mengalami hipoglikemia, atau gula darah sangat rendah, Anda mengalami banyak gejala, seperti tremor, detak jantung cepat, dan pusing.

Sementara itu, jika Anda mengalami hiperglikemia, atau gula darah tinggi, Anda bisa mengalami sejumlah komplikasi jangka pendek dan jangka panjang. Kondisi ini bisa berakibat fatal jika tidak ditangani.

Kadar gula darah disebut terlalu tinggi jika hasil pemeriksaan menunjukkan kadar gula darah di atas 400 mg/dl. Jadi bagaimana Anda bisa mengatasinya?

Umumnya, gula darah normal berkisar antara 80 dan 130 mg/dL sebelum makan dan kurang dari 180 mg/dL setelah makan, menurut American Diabetes Association (ADA).

Alasan Alat Cek Gula Darah Tidak Akurat

Namun, kadar gula yang disarankan dapat bervariasi dari orang ke orang. Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan langsung ke dokter untuk menentukan kadar gula darah yang aman sesuai kondisi.

Satu hal yang pasti, jika gula darah Anda di atas 400 mg/dL, angka ini bisa jadi menunjukkan bahwa Anda memiliki gula darah yang sangat tinggi.

“Penyebabnya mungkin terkait dengan asupan karbohidrat dan makanan manis yang berlebihan, gaya hidup yang tidak sehat, diabetes yang tidak terkontrol dan obesitas,” jelas dr. Arina

Gula Darah Tinggi Apa Yang Harus Dilakukan

Jadi Dr. Atika menambahkan, penyebab gula darah tinggi lainnya adalah tidak mengonsumsi insulin atau obat penurun gula darah. Selain itu, kondisi kesehatan tambahan lainnya seperti infeksi juga dapat terpengaruh.

Waspadai Gula Darah Rendah Pada Penderita Diabetes Di Malam Hari

Tanda pertama gula darah tinggi adalah sering buang air kecil dan rasa haus yang meningkat.

“Komplikasi seperti ketoasidosis metabolik (KAD) dan hiperglikemia hiperosmolar (HHS). Ini adalah kondisi di mana gula terlalu tinggi dan mengganggu organ lain di dalam tubuh hingga mengancam jiwa,” jelas dr. Athika.

Berbicara tentang masalah penyakit lain yang dapat menularkan orang dengan kadar gula tinggi, kata Dr. Arina berarti penyakit jantung, stroke, retinopati diabetik, dan kerusakan ginjal.

Jika gula darah Anda lebih dari 400 mg/dL tetapi tidak ada gejala, Anda patut curiga. Karena hasil gula darah mungkin tidak benar.

Diabetes? Perlu Hindari Makanan Yang Mengandung Karbohidrat?

Pembacaan yang salah ini antara lain disebabkan oleh adanya partikel makanan di jari, penggunaan kartrid uji yang lama atau disimpan dengan tidak benar, atau mungkin pembacaan yang tidak akurat.

Jika Anda melakukan tes ulang gula darah dan tetap mendapatkan hasil di atas 400 mg/dL, ikuti saran dokter Anda.

Menurut dr. Arina, penanganan pertama yang bisa diberikan pada penderita gula darah adalah penggunaan obat antidiabetes. Cara ini juga menstabilkan kadar gula darah.

Gula Darah Tinggi Apa Yang Harus Dilakukan

“Tindakan yang harus dilakukan saat gula darah di atas 400 adalah ke IGD. Kontrol gula darah yang tepat waktu dan tepat, disertai dengan terapi cairan sangat diperlukan,” jelas dr Athika.

Rekomendasi Makanan Terbaik Untuk Menjaga Gula Darah Penderita Diabetes

Ini adalah tindakan pengobatan untuk orang dengan kadar gula darah di atas 400 mg/dL. Jika Anda ingin bertanya lebih lanjut tentang gula darah tinggi, hubungi dokter Anda melalui Ask a Doctor. Situasi wabah COVID-19 dengan norma baru memaksa kita untuk menjaga kesehatan agar tidak terserang penyakit ini, dan penderita diabetes melitus (DM) seperti itu.

DM atau kencing manis (kencing manis) adalah penyakit metabolik yang ditandai dengan gula darah tinggi (gula puasa >126 atau 2 jam postprandial >200 atau Hb1AC >6,5%). Penyakit ini biasanya ditandai dengan keluhan sering haus (polidipsia), sering lapar (polifagia), sering buang air kecil (poliuria) dan penurunan berat badan yang cepat.

Komplikasi pada penderita DM terbagi atas komplikasi mikrovaskuler dan makrovaskuler serta gangguan sistem saraf (neuropati). Masalah makrovaskular sering memengaruhi jantung (koroner), otak (stroke), dan pembuluh darah; masalah mikrovaskular yang mempengaruhi ginjal (gagal ginjal) dan mata (retinopati); sedangkan neuropati ditandai dengan mati rasa, kesemutan dan kulit kering.

DM juga merupakan penyakit autoimun, yaitu penyakit dimana sistem kekebalan tubuh memiliki kerentanan yang rendah terhadap infeksi dan meningkatkan respon inflamasi (peradangan). Selain DM termasuk penyakit yang berhubungan dengan tuberkulosis, gagal ginjal, HIV dan lain-lain. Ada banyak hal selama pandemi COVID-19

Ini Dia Cara Mengatur Pola Makan Untuk Diabetes

Apa yang harus dilakukan jika gula darah tinggi, apa yang harus dilakukan saat gula darah tinggi, apa yang harus dilakukan ketika gula darah tinggi, apa yang harus dilakukan ketika tensi tinggi, apa yang harus dilakukan jika tekanan darah tinggi, saat tensi tinggi apa yang harus dilakukan, gula darah 500 apa yang harus dilakukan, apa yang harus dilakukan saat tekanan darah tinggi, apa yang harus dilakukan jika tensi tinggi, jika darah tinggi naik apa yang harus dilakukan, jika gula darah naik apa yang harus dilakukan, gula darah 400 apa yang harus dilakukan

Komentar