oleh

Husler Harap Workshop UKS Bukan Sekedar Seremonial

RADARLUWURAYA.com – Keberhasilan pembinaan dan pengembangan Sekolah Sehat dan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) akan tercermin pada perilaku hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik.

Hal ini sebagai dampak dari keseluruhan pola pembinaaan dan pengembangan UKS.

Demikian disampaikan Bupati Luwu Timur, HM. Thorig Husler, saat membuka Workshop Pembinaan UKS dalam rangka Lomba Sekolah Sehat (LSS) Unit Kesehatan Sekolah di Aula Sasana Praja Kantor Bupati Luwu Timur, Kamis (21/3).

Disebutkannya, pembinaan dan pengembangan UKS perlu dilakukan melalui upaya pendidikan dan kesehatan yang dilaksanakan secara terpadu, sadar, terencana, terarah dan bertanggungjawab dalam menanamkan, menumbuhkan, mengembangkan dan membimbing anak-anak dan para pelajar untuk menghayati, melaksanakan prinsip hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk itu, Bupati meminta agar program Workshop UKS tak hanya menjadi seremoni semata yang hanya ditujukan untuk menjadi juara lomba sekolah sehat.

Akan tetapi kata dia, yang paling penting adalah bagaimana upaya untuk membangun kesadaran dan menjadikan kebiasaan pola hidup sehat di sekolah bisa diterapkan dan berkelanjutan.

“Saya berharap pertemuan ini menjadi forum bersama dalam mensinergikan peran dan fungsi UKS untuk meningkatkan kualitas pembangunan kesehatan di sekolah,” jelas Husler.

Kabag Kesra Setdakab Luwu Timur, Andi Asmah Sari dalam laporannya menyebutkan, workshop ini diikuti Kepala SKPD terkait, Pembina UKS Kabupaten, para pembina dan pelaksana Kecamatan serta para kepala sekolah dan pengawas sekolah-sekolah se-Kabupaten Luwu Timur dengan menghadirkan 2 narasumber dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Agus Suharyanto dan Achyar.

Lebih jauh dilaporkan Kabag Kesra, bahwa tujuan Workshop ini adalah untuk membina dan meningkatkan kesehatan anak usia sekolah pada setiap pendidikan serta dapat membantu meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi belajar peserta didik yang tercermin dalam kehidupan perilaku hidup bersih dan sehat sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan yang harmonis dan optimal.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Thorig Husler  menyerahkan penghargaan dan dana pembinaan kepada para pembina UKS dan sekolah yang berhasil mendapatkan juara. (Hms)

Komentar

News Feed