oleh

12 Daerah Di Sulsel Disebut Potensial Pencoblosan Ulang

RADARLUWURAYAcom – KPU Sulawesi Selatan (Sulsel) memberi sinyal adanya Pemungutan Suara Ulang (PSU) di 12 daerah. Saat ini KPU masih mengkaji lebih dalam temuan yang ada serta menunggu rekomendasi dari Bawaslu.

“Laporan yang masuk ada 12 daerah kabupaten/kota di Sulsel. Nah, ini yang kemungkinan PSU. Saya belum mengeluarkan nama daerahnya karena sementara masih kami kaji,” terang Ketua KPU Sulsel Misna M. Attas, Jumat (19/4).

Potensi coblosan ulang itu menyusul temuan pemilih yang berasal dari luar Sulsel tanpa dilengkapi formulir A5. Selain itu ada juga laporan tentang warga Sulsel yang memilih di luar kelurahan TPS asalnya.

Masalah-masalah itu diketahui setelah tahapan pencoblosan suara berlangsung. KPU sedang memastikan benar tidaknya laporan tersebut, serta mengumpulkan dokumen pendukungnya.

“Jadi saat ini beberapa kejadian-kejadian sedang dianalisis dan kemungkinan mengarah pada terjadinya PSU. Bergantung juga dari hasil kajian yang dilakukan dan rekomendasi dari Badan Pengawas Pemilu,” jelas Misna.

Jika betul digelar, maka petugas KPPS akan kembali membagikan pemberitahuan kepada pemilih di TPS masing-masing. PSU akan berlangsung di bawah pengawasan dan supervisi KPU Sulsel.

“PSU jangan dipandang sebagai momok. Ini hanya upaya atau ikhtiar KPU untuk menghasilkan pemilu yang berkepastian hukum, Jadi semangat mendorong penyelenggaraan pemilu yang berintegritas,” pungkas Misna. (RadarLuwuRaya/Jawapos)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *