oleh

12 Warga Palopo Terjangkit DBD, Dinkes Serukan Bersih Lingkungan

RADARLUWURAUA.com – Upaya mencegah bertambahnya korban penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) dan penyebaran nyamuk aedes aegypti penyebab DBD tetus dilakukan.

Warga di kelurahan Amassangan, kecamatan Wara, kota Palopo, melakukan aksi bersih lingkungan untuk memberantas sarang nyamuk Aedes aegypti, Jumat (01/02/2019).

Pemberantasan dilakukan dengan membersihkan lingkungan seperti membersihkan genangan air, saluran air atau got yang tersumbat, membersihkan sampah yang diduga sebagai tempat bersarangnya nyamuk penyebab DBD dan menguburkan sampah.

Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) Dinas Kesehatan kota Palopo, San Ashari mengatakan bahwa aksi bersih mencegah penyebaran nyamuk penyebab DBD dilakukan secara serentak di setiap kelurahan.

“Untuk mengantisipasi terjadinya penyakit DBD di kota Palopo, upaya yang kami lakukan adalah bergotong royong bersama dengan masyarakat membersihkan lingkungan untuk membasmi jentik sebagai bentuk perlindungan nyamuk dari vektor penyakit DBD,” ucap San Ashari, .

Akibat serangan nyamuk Aides Egypti penyebab DBD, sebanyak 12 warga kota Palopo telah terjangkit DBD.

“Sebanyak 12 warga kota Palopo telah terjangkit penyakit DBD di empat kecamatan, masing-masing kecamatan Bara 2 kasus, kecamatan Mungkajang 1 kasus, kecamatan Wara 2 kasus dan kecamatan Wara Timur 7 kasus,” tambahnya

Aksi pencegahan DBD ini melibatkan Dinas Kesehatan kota Palopo, Puskesmas, TNI dan Polri serta pihak swasta.

Sementara Kepala Puskesmas Pontap, Harmawati mengatakan bahwa aksi bersih pencegahan DBD ini dapat memperkecil perkembang biakan jentik nyamuk, mengingat saat ini penderita DBD di kota Palopo sudah ada beberapa yang terjangkit sehingga warga diharapkan melakukan budaya 3 M atau Menguras, Menutup dan Mengubur.

“Wilayah kerja Puskesmas kami di kelurahan Amassangan ini, ada beberapa kasus DBD yang telah terjadi dan untuk mengantisipasi kami mengajak warga melakukan 3M yaitu Menguras, Mengubur dan Menutup tempat-tempat penampungan air.

Kami berharap kepada masyarakat agar setiap saat senantiasa hidup bersih dan setiap Jumat menggalakkan aksi Jumat Bersih disetiap rumah-masing-masing,” harapnya. (Ana)

Komentar