oleh

RADARLUWURAYA.com, LUTIM – Jajaran Pemerintah Desa (Pemdes) Sorowako, Kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu Timur, terus melakukan pembersihan di daerah wisata Danai Matano. Pembersihan yang juga melibatkan warga sekitar Danau Matano itu, adalah merupakan program prioritas pemerintah Desa Sorowako, yang dijadwalkan setiap hari minggu.

“Kita menginginkan agar kelestarian dan keindahan pesisir Danau Matano tetap terjaga, dan yang penting lagi agar kegiatan ini dapat menjadi edukasi warga tentang pentingnya menjaga Danau Matano agar bersih dari sampah,” Ungkap kepala desa Sorowako, Jihadin Peruge, Senin 8 Juli 2019.

Inovasi dan kreatifitas pemerintah Desa Sorowako yang dibantu warga dalam melakukan gotong royong setiap minggunya ini, mendapat respon dari pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Luwu Timur, dan pihaknya langsung menurunkan armada seperti truk dan peralatan pembersihan sampah.

Jihadin mengatakan, program bersih bersih seperti ini adalah prioritas pemerintah desa Sorowako sejak awal ia memimpin. Yang mengedepankan program desa berbasis lingkungan demi menjaga Danau Matano terbebas dari sampah, dan aktifitas seperti ini tidak hanya berfokus pada satu titik melainkan diberbagai tempat umum lainnya.

“Memang tugas berat kami selaku pemerintah desa, yang bertujuan selain memberikan edukasi tentang pentingnya menjaga lingkungan, juga kami tetap berkomitmen menjaga kebersihan dan keindahan danau purba yang menjadi salah satu ikon wisata Luwu Timur ini, ” jelas Jihadin. (Ald)

Komentar