oleh

243 Pemilih Disabilitas Bakal Diperlakuan Khusus

RADARLUWURAYA.com – Dari 107.111 pemilih tetap yang ada di Kota Palopo, ada 243 orang atau 0,22 persen diantaranya merupakan pemilih disabilitas.

Hal itu diungkapkan oleh Komisioner KPU Kota Palopo Divisi Perencanaan dan Data Abd Haris Mubarak. Menurutnya, ada lima jenis disabilitas yang terdaftar.

Yakni, disabilitas tuna daksa 42 orang, tuna netra ada 50 orang, dan tuna rungu ada 48 orang serta disabilitas lain sebanyak 78 orang.

“Khusus disabilitas mental sebanyak 25 orang,” ujar Haris.

Untuk pemilih disabilitas mental, kata Haris, itu tersebar di tujuh kecamatan dan 12 kelurahan, terbanyak di kelurahan Mawa.

Di Kecamatan Wara ada dua orang di Kelurahan Lagaligo. Selanjutnya di Kecamatan Wara Utara ada dua orang di Kelurahan Penggoli.

Sedangkan di Kecamatan Telluwanua, ada tujuh orang yang tersebar di Kelurahan Mancani, Salubattang dan Jaya.

Sementara di Kecamatan Wara Timur ada empat orang yang tersebar di Kelurahan Pontap, Salotellue dan Ponjalae.

Ada satu orang di Kelurahan Battang Kecamatan Wara Barat dan tujuh orang di Kecamatan Sendana Kelurahan Mawa. Di Kecamatan Bara ada dua orang yang masing-masing terdaftar di TPS yang ada di Kelurahan Temmalebba dan Rampoang.

“Pemilih disabilitas ini akan mendapat perlakuan khusus, mereka bisa didampingi baik keluaga maupun petugas PPS yang diawasi oleh saksi,” tandasnya.(Niki)

Komentar