oleh

45 Peserta Ikuti Pelatihan E-Database SIPD Kominfo Luwu Timur

RADARLUWURAYA.com – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Luwu Timur melalui Bidang Aplikasi Informatika gelar Pelatihan dan Penginputan Data e-Database SIPD bagi adiministrator atau pengelola data berbasis elektronik, Rabu (20/03).

Hal ini dilakukam sebagai upaya mengimplementasikan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 98 Tahun 2018 tentang Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD), utamanya pasal 3 ayat 1, yang menyebutkan  bahwa Pemerintah Daerah melakukan pemetaan, pengumpulan, pengisian validasi, serta evaluasi data pembangunan daerah dengan menggunakan aplikasi Data Berbasis Elektronik/e-Database.

Kemudian pasal 6 ayat (2) di Permendagri yang sama, dikelaskan bahwa dalam pengelola aplikasi perangkat daerah bertugas selaku produsen data.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 45 orang dari perwakilan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Luwu Timur.

Dalam kegiatan ini pula menghadirkan narasumber dari Bapelitbangda Kabupaten Luwu Timur, Mujahid Shaleh, dan Muhammad Reza.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Luwu Timur, Drs. Askar, saat membuka kegiatan ini mengingatkan para peserta agar rutin mengumpulkan, mengolah, memvalidasi, serta mengevaluasi data yang ada di SKPD masing-masing.

Termasuk melakukan koordinasi secara intens dengan Walidata yang ada di Dinas kominfo dan Bapelitbangda sebagai Koordinator SIPD.

Tak hanya itu, Askar juga berpesan kepada peserta pelatihan agar dapat memahami betul dan sungguh-sungguh mengikuti pelatihan dan penginputan data yang ada di SKPD masing-masing.

Di tempat yang sama, Kepala Bidang Aplikasi Informatika Dinas Kominfo, Agus Thobrani mengatakan, tujuan dilaksanakannya kegiatan ini ialah untuk memberikan pemahaman dan edukasi terkait penggunaan aplikasi e-Database SIPD.

Hal ini kata dia akan membantu Pemerintah Daerah memberikan informasi dan data dalam menyusun perencanaan Pembangunan Daerah. (Hms)

Komentar