oleh

50 Peserta Ikut Pelatihan Bela Negara Yang Digelar Kesbangpol Luwu Utara

RADARLUWURAYA.com- Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Luwu Utara gelar pelatihan bela negara di Desa Mario Kecamatan Baebunta Kabupaten Luwu Utara yang diikuti 50 orang peserta,Kamis (13/9/18).

Turut hadir Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani, Camat Baebunta A. Yasir, dan Kepala Badan Kesbangpol Enyon.

Sekretaris Badan Kesbangpol, Syahruddin dalam laporanya mengatakan maksud dari kegiatan ini adalah sebagai upaya memberikan pemahaman pentingnya kesadaran bela negara dalam menjaga persatuan dan kesatuan masyarakat membina kerukunan dan menjaga kantibmas.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah menanam sikap dan perilaku masyarakat terhadap cinta tanah air bangsa dan negara pedulu kepada lingkungan sekitar dan menjaga kantibmas di tengah masyarakat,”kata Syahruddin.

Peserta pada kegiatan ini sebanyak 50 orang masing-masing perwakilan dari beberapa desa dan kelurahan yang ada di kecamatan baebunta.

“Desa Mario merupakan salah satu desa yang masuk program desa mandiri bersama dengan desa Sukaraya dan Wonokerto,”Jelasnya.

Sambutan Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani mengatakan bahwa Kita ini satu bagian penting dalam ketahanan negara.

“Selama Undang-undang Dasar menjadi pedoman kita pasal 30 tahun 1945 maka bela negara harus selalu kita lakuka. Bela negara bukan hanya mengangkat senjata konfensional atau maju ke medan perang namun bela negara banyak bentuknya yang penting masih berasaskan pancasila dan UUD 1945,”jelas Indah.

Ia juga menyebutkan jika makna bela negara di perluas, bela negara juga di maksudkan menanamkan rasa cinta kepada tanah air melaksanakan tugas dengan baik juga merupakan upaya bela negara yang baik.

“Upaya bela negara itu bukan tugas aparat saja namun itu tugas kita semua, bela negara adalah ditunjukkan dengan sikap dan perilaku warga negara yang di jiwai atau didasarkan pada kecintaannya terhadap NKRI,”ucapnya.

Upaya bela negara juga ditunjukkan dengan salah satunya ketaatan pada aturan salah satu contohnya adalah membayar pajak dan upaya bela negara juga yang sangat penting adalah menggalakkan cinta produk dalam negeri.

“Bela negara juga merupakan sebuah konsep yang patriotisme atau sikap rasa cinta seseorang terhadap bangsanya, saya berharap mari kita jaga kebersamaan sebagai bentuk kecintaan kita terhadap bangsa dan negara kita semua berharap bahwa negara kesatuan Republik Indonesia ini tetap tegak berdiri sampai selama-lamanya,”pesan Indah Putri Indriani. (Aksan)

Komentar