oleh

ACM Tantang Penyelenggara Pemilu Deklarasi Anti Politik Uang

RADARLUWURAYA.com – Ketua DPD Partai Berkarya kota Palopo, Andi Cincing Makkasau menantang pihak penyelenggara dan pengawas Pemilihan Umum 2019 bersama seluruh Partai Politik untuk lakukan deklarasi Anti Politik Uang.

Hal ini ditegaskan ACM, sapaan akrabnya, saat ditemui di Warkop Pojok, Jalan Rambutan Palopo, Rabu (9/1).

ACM yang juga merupakan Caleg Provinsi Sulsel dari Partai Berkarya Dapil XI Luwu Raya mengaku gerah dengan wacana money politics yang kembali mewarnai perhelatan Pemilu 2019.

“Bukan rahasia umum lagi, beredar wacana Politik Uang, termasuk di Kota Palopo, adu uang sudah terdengar, harusnya KPU Palopo mengambil peran, panggil semua Ketua Parpol kita tandatangan Kesepakatan Anti Politik Uang,” tantang ACM.

Lanjutnya, jika ada Caleg atau tim suksesnya yang sudah tertangkap tangan maka tidak perlu lama diproses, oknum harus dijatuhi sanksi tegas tak usah pemeriksaan bertele-tele.

Hal ini dilakukan kata dia, supaya Pileg berjalan fair, tidak ada lagi yang berani main kucing-kucingan antara Caleg dan penyelenggara (KPU) serta Pengawas (Bawaslu) apalagi sampai “main mata”.

“Jika ada pelaku, baik oknum pengawas ataupun penyelenggara sekalipun, maupun Caleg itu sendiri yang terbukti melanggar, maka jangan lagi dikasih ampun. Segera tangkap dan eksekusi, biar kapok, karena sudah melanggar komitmen yang ditandatangi bersama dalam deklarasi tersebut,” pungkasnya.

Sebelumnya, dalam talkshow Bincang Iccang, Senin malam (7/01) lalu, pihak KPU dan Bawaslu Kota Palopo menyambut baik usulan narasumber dari pihak Caleg yang hadir, untuk bersama-sama mengawal Pemilu 2019 agar ruang gerak pelaku Politik Uang semakin sempit.(Jhon)

Komentar