oleh

Akhir Pekan Depan, Pemkab Lutim Gelar Festival Danau Matano

RADAR, LUTIM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Timur, rencananya akan kembali menggelar Festival Danau Matano pada 29 November 2019 mendatang.

Pada tahun ini sendiri, Pemkab Lutim mengangkat tema “Bersatu Membangun Kampung”.

Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudmudora) Luwu Timur, Hamris Darwis mengatakan jika kegiatan tersebut bertujuan memperkenalkan destinasi wisata di Kabupaten Luwu Timur.

“Kegiatan ini merupakan agenda pemerintah daerah yang semata-mata untuk memperkenalkan destinasi wisata Luwu Timur,” kata Hamris, Selasa (19/11).

Dia menjelaskan, jika pada kegiatan ini nantinya, pihaknya juga akan melibatkan masyarakat setempat demi suksesnya Festival Danau Matano 2019.

“Kegiatannya sampai 1 Desember 2019 di Sorowako, Kecamatan Nuha, yang diawali dengan tari kolosal gabungan tarian khas masyarakat Luwu Timur serta pengukuhan sanggar seni,” jelas Hamris.

Tidak hanya itu, Hamris mengatakan jika nantinya ada beberapa agenda kegiatan di festival ini, seperti lomba dayung tradisional, katinting race, nohu bangka dan lomba menangkap ikan opudi.

Selain itu, kami juga menyelenggarakan lomba tradisional yakni gasing serta trompa panjang dan akan dihibur sejumlah Artis.

“Kegiatan ini murni agenda wisata bukan kebudayaan atau adat, dengan harapan bisa menjadi penggerak untuk mempersatukan masyarakat Luwu Timur khususnya Kecamatan Nuha,” terangnya.

Rencananya diacara ini akan dihadiri beberapa tamu diantaranya Alumni SMA 158 Palopo angkatan 54 serta pertemuan para guru se Sulsel yang disebut destinasi pendidikan dan pameran pendidikan se Sulsel, jelasnya lagi.

Menurutnya, kita juga upayakan kehadiran Pak Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah untuk membuka acara.

Sementara terkait anggaran, dirinya menerangkan jika kegiatan ini akan menelan anggaran sebesar Rp 500 juta.

“500 juta yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD),” pungkasnya. (Har)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *