oleh

Aktif Awasi “Puting Susu” Bawaslu Palopo Pergoki Ini

RADARLUWURAYA.com, Palopo – Dari sembilan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang ada di Kota Palopo, PPK Wara dan Wara Timur paling akhir mengirimkan hasil rekap penghitungan suara Pemilu 2019 ke KPU Palopo.

Itu berdasarkan hasil pengawasan pungut hitung (puting) surat suara (susu) yang aktif dilakukan oleh Bawaslu Kota Palopo.

Komisioner Bawaslu Kota Palopo koordinator Divisi Pengawasan, Hubungan Masyarakat dan Antar Lembaga, Ahmad Ali mengatakan, Selasa (30/04), berdasarkan koordinasi dengan KPU Palopo, harusnya hari ini sudah dilaksanakan pleno.

Namun ada dua PPK yang belum menyerahkan hasil rekap puting susunya ke KPU Palopo. Yakni, PPK Wara dan PPK Wara Timur.

“Kalau PPK Wara Timur sementara pengepakan untuk dikirim ke KPU, namun PPK Wara masih berusaha menyelesaikannya hari ini,” kata Ahmad Ali.

Ali mengatakan, berdasarkan hasil pengawasan puting susu di tingkat PPK, yang menjadi kendala di PPK Wara, itu dikarenakan adanya PSU di TPS 7 dan 8 Kelurahan Boting.

“Dari 19 TPS di Kelurahan Boting Kecamatan Wara, sisa 7 TPS yang belum direkap. Dan PPK Wara berusaha menyelesaikannya hari ini.
Salah satu alasan karena adanya PSU di dua TPS di Kelurahan Boting, yakni di TPS 7 dan 8 Boting,” terang Ali.

“Termasuk karena kondisi kesehatan PPK Wara dan jajarannya dalam kondisi tidak fit, bahkan Ketua PPKnya dirawat di Rumah Sakit AT Medika, sore kemarin,” tambahnya.

Jadi secara keseluruhan, lanjut Ali, dari sembilan PPK yang paling terlambat adalah PPK Wara. Sehingga rekap di KPU Palopo belum bisa dilakukan.

“Rencananya tanggal 30 April ini, namun belum bisa. Hasil koordinasi ulang dengan KPU Palopo, nanti tanggal 2 Mei,” sebutnya.

Dijelaskan Ali, dari hasil pengawasan, PPK yang paling awal menyerahkan rekap puting susu adalah PPK Sendana disana ada 22 TPS, disusul PPK Telluwanua dengan 44 TPS, lalu PPK Mungkajang ada 30 TPS.

Kemudian PPK Wara Selatan 37 TPS, PPK Wara Utara 54 TPS, PPK Wara Barat 37 TPS, dan PPK Bara 80 TPS.

“Yang kemarin melaksanakan PSU adalah PPK Wara Barat, Wara Timur dan Wara,” tandasnya. (Niki)

Komentar