oleh

Andi Ichi Desak Pemerintah Maksimalkan Pelayanan Kesehatan di Palu

RADARLUWURAYA.com – Anggota Komisi IX DPR RI Andi Fauziah Pujiwatie Hatta mendesak pemerintah memaksimalkan pelayanan kesehatan di Palu, Donggala dan Sigi, SulawesIi Tengah.

Hal itu disampaikan Andi Ichi–sapaan akrabnya- saat kunjungan kerja spesifik Komisi IX DPR RI ke Makassar, Sulawesi Selatan, baru-baru ini.

“Ternyata keluarga kita yang di Palu terkena dampak gempa bumi dan tsunami itu memang masih banyak membutuhkan pelayanan kesehatan yang sangat tepat dan cepat. Tadi kita lihat di rumah sakit DR. Wahidin banyak korban yang dirujuk ke Makassar, karena dianggap rumah sakit tersebut adalah rumah sakit rujukan dari Indonesia Timur,” katanya.

BACA JUGA : Reses di Sabbang, Anggota DPRD Luwu Utara dan Warga Doakan Korban Gempa

Ia melanjutkan, keluhan kepala rumah sakit adalah tenaga perawat yang kurang dan juga beberapa bahan habis-pakai yang sangat dibutuhkan segera. Sedangkan untuk kebutuhan dokter sudah tercukupi.

“Saya berharap kekurangan-kekurangan ini segera dipenuhi, sehingga pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang terkena gempa dan tsunami ini tidak terhambat. Sebaliknya, harus segera mendapat pelayanan tepat dan cepat,” jelasnya.

Ichi berjanji akan mendorong dan mengusulkan kepada pimpinan di Komisi IX DPR agar segera melakukan kunjungan kerja ke Palu, guna melihat pelayanan kesehatan di sana.

BACA JUGA : Andi Ichi Tinjau Langsung Kantor Baru BPOM Palopo

”Karena kita tahu banyak sekali masyarakat harus mendapatkan pelayanan medis. Kita juga tahu keadaan di sana sangat memprihatinkan, seperti rumah sakit yang sudah runtuh, banyak tenaga kesehatan hilang, dan tentu alat-alat kesehatan juga rusak,” ungkapnya.

Komisi IX DPR RI berharap Kementerian Kesehatan dapat bertindak cepat menyelesaikan masalah ini. Politisi Partai Golkar ini, berharap, Komisi IX perlu meninjau langusng ke lokasi bencana gempa di Palu untuk melihat dari dekat para korban gempa dan kerusakan yang terjadi. Ia mengungkap informasi dari beberapa politisi yang sudah mengunjungi Palu, ternyata kondisinya cukup mencekam. Bahkan, orang yang kelaparan bisa menjadi ganas.

BACA JUGA : 7968 Caleg DPR, 807 Calon Anggota DPD di Pileg 2019

“Kita tidak bisa menyalahkan hal ini, karena ini perlu penanganan yang intensif, agar segala bantuan segera masuk, peralatan-peralatan medis juga bisa segera masuk, dan mungkin harus ada rumah sakit darurat yang bisa dikirim agar tidak perlu lagi dirujuk ke Makassar,” tutupnya. (*)

Komentar