oleh

Badawi Minta APH Usut Anggaran Replanting Sawit yang Dikelola KAMU

MALILI,RADARLUWURAYA.com– Ketua Komisi III DPRD Luwu Timur, Badawi Alwi meminta kepada Aparat Penegak Hukum (APH) yakni Tipikor dan Kejaksaan untuk mengusut anggaran replanting sawit yang di kelola oleh Koperasi Agro Mandiri Utama (KAMU).

Hal itu di ungkupkan badawi melalui postingan akun Fabook Miliknya, Rabu (03/06).

“Kami meminta Tipikor dan Kejaksaan usut tuntas anggaran reflenting kelapa sawit di Lutim, anggarannya puluhan milyar” Tulis Badawi.

Terpisah, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Luwu Timur, Hasbuddin B. Paseng, saat dikonfirmasi radarluwuraya, Kamis (04/06) mengatakan masih sementara menelaah terkait hal tersebut.

“Kami masih menelaah terkait hal ini, dan akan segera melakukan koordinasi ke pihak-pihak yang terkait” Tutur Hasbudin.

Diketahui, anggaran replanting yang di kelola KAMU kurang lebih senilai 60 miliar yang bersumber dari dana hibah Kementrian Pertanian, melalui Program Sawit Rakyat (PSR).

Sebelumnya, DPRD Lutim melalui Komisi II melakukan Hearing terhadap pihak KAMU di dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) di ruang Badan Anggaran (Banggar), Selasa (02/06).

Ketua Komisi II DPRD Lutim, Ir. Abdul Munir Razak usai memimpin RDP mengatakan, ada indikasi penggunaan dana petani sawit yang tidak sesuai dengan petunjuk pelaksanaan (Juklak) sebagai pedoman penggunaan anggaran.

“Dalam RDP tadi, ada kegiatan pembelanjaan Pupuk untuk pembibitan yang tidak ada dalam Juklak, olehnya, kami akan segera membentuk Pansus untuk menginvestigasi dilapangan. Hasil investigasi tersebut nantinya jika terungkap kuat dugaan adanya penyimpangan anggaran peremajaan kelapa sawit, maka kami akan merekomendasikan temuan tersebut kepada penegak hukum,” ujarnya.

Terkait legitimasi yang belum dimiliki KAMU, Abd Munir Razak mengaku heran mengapa hal tersebut bisa lolos dari pengamatan Dinas Perindakop dan Dinas Pertanian Kab. Lutim.

“Terkait legitimasi KAMU, saya meminta dinas terkait untuk lebih waspada mencermati kegiatan KAMU, dan Insyaa Allah minggu depan kita akan kembali melanjutkan pertemuan ini guna meminta pertanggungjawaban secara menyeluruh kepada KAMU,” katanya. (rlr).

Komentar