oleh

Bandel, Caleg PKB Tidak Mengindahkan Bawaslu Luwu Utara

RADARLUWURAYA.com- Larangan kampanye diluar jadwal ternyata masih ada, bakal caleg yang tidak mengindahkan undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang pemilu, pasal 492 tentang kampanye diluar jadwal.

Bagi yang masih memasang atau memosting gambar calon yang menggambarkan citra diri yang dapat dimaknai kampanye, sanksi hukumnya yakni dipidana 1 tahun penjara denda Rp.12 juta rupiah.

Larangan melakukan tindakan yang dapat dimaknai kampanye atau citra diri ini juga telah disampaikan oleh Bawaslu Luwu Utara kepada partai politik dan bakal caleg.

Namun, masih ada caleg yang tetap memasang gambar dirinya beserta nomor urut dan logo partai dalam postingannya di akun facebook miliknya.

Seperti Salah satu bakal calon anggota DPRD Dapil Malangke dan Malangke Barat, Haeruddin Cabma dalan postingannya di akun facebook miliknya pada tanggal 3 September 2018 dimana dirinya memposting gambar dirinya, nomor urut dan logo partai.

“Tidak boleh ada atribut citra diri yang dapat dimaknai kampanye terpasang di tempat umum dan media sosail serta media massa,”kata Ibrahim Umar, Divisi Pengawasan, Hubungan masyarakat dan Hubungan antar lembaga Bawaslu Luwu Utara, Selasa (4/9/2018)

Bagi yang masih memasang atau memosting gambar calon yang menggambarkan citra diri yang dapat dimaknai kampanye,sanksi hukumnya dipidana 1 tahun penjara denda Rp.12 juta rupiah.

“Yang pastinya kita Sudah menghimbau dan berkordinasi dengsn semua pihak, dan telah melakukan penertiban juga masih ada yang melakukan atau memasang atribut yang dapat dimaknai kampanye, maka akan dilakukan pemanggilan untuk memberikan klarifikasi,”Kata Ibrahim Umar (Aksan)

Komentar