oleh

Bangunan Makam Bersejarah di Malangke Tidak Diperhatikan Pemda Luwu Utara

RADARLUWURAYA.com – Bangunan makam bersejarah di Desa Pattimang, Kecamatan Malangke, Kabupaten Luwu Utara kurang diperhatikan oleh pemerintah Kabupaten Luwu Utara.

Buktinya, plafon bangunan makam banyak yang bocor dan lokasi sekitar makam kurang bersih. Bangunan bersejarah itu adalah makam pembawa ajaran Islam di Tana Luwu, yakni Datuk Sulaiman.

Andi Harling, selaku petugas pendata pengunjung makam, mengatakan pengunjung yang melakukan ziarah hampir mencapai 1.000 orang tiap bulannya.

“Tapi sangat disayangkan kami selaku pengurus makam yang personilnya hanya dua orang, kecawa dikarenakan pemerintah Pemda Luwu Utara tidak memperhatikan dengan baik bangunan bersejarah ini,” ujarnya.

Kata dia,”Ini adalah makam orang – orang yang memiliki sejarah di Tana Luwu, jadi pemerintah harus memperhatikan. Kalau bisa bangunan tersebut diperindah sebagai bentuk rasa terima kasih serta penghormatan kita kepada mereka yang telah membawa Islam ke Tanah Luwu,” harapnya.

Diketahui, disekitar makam itu juga terdapat makam Datu Luwu ke XV Andi Pattiware. Usia makam itu sendiri sudah ratusan tahun. (hadi/tiara)

Komentar