oleh

Basmin Pantau Langsung Peserta Job Fit di Makassar

RADARLUWURAYA.COM, MAKASSAR – Bupati Luwu, H. Basmin Mattayang memantau dan membuka pelaksanaan pemetaan SDM sesuai kebutuhan kompetensi (Job Fit) serta seleksi terbuka pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama Pemkab Luwu.

Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusi (BPSDM) II Provinsi Sulsel, jalan Cendrawasih, Makassar, selama tiga hari, jumat-minggu besok.

Kepada peserta job fit dan lelang jabatan, Bupati Luwu, Basmin Mattayang, menyampaikan jika pelaksanaan job fit bertujuan untuk mengukur kemampuan ASN sebagai pejabat pemerintah.

“Jadi tidak usah gelisah, semua ditentukan sama yang diatas. Job fit ini untuk mengukur kemampuan sebagai pejabat pemerintah. Siapa yang memiliki kinerja dan kemampuan yang baik tentu akan mendapatkan hasil yang baik,” katanya.

Basmin Mattayang menjelaskan, banyak yang beranggapan bahwa pelaksanaan job fit dan seleksi terbuka pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama, sekedar untuk melengkapi syarat akomodir pejabat yang diinginkan oleh kepala daerag adalah tidak benar.

“Aturan dalam job fit dan seleksi terbuka pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama jelas. Hanya yang masuk dalam tiga besar yang bisa direkomendasikan menduduki jabatan yang di lelang,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama hadir pula, Kepala BPSDM II Provinsi Sulsel, Imran Jausi. Dirinya menyampaikan job fit dan seleksi terbuka pengisian jabatan merupakan amanah undang-undang.

“Pelaksanaan job fit dilakukan 2 tahun sampai 5 tahun sekali. Ini sebenarnya penting dan hasilnya terukur. Akurasi job fit sampai 80 persen. Sehingga tidak ada instrumen lain yang bisa melampai ini untuk menguji kelayakan penempatan suatu jabatan,” jelasnya.

Ketua paniti, Andi Muhammad Ahkam Basmin, yang juga adalah Kepala Bidang Mutasi BKPSDM Luwu dalam laporannya mengatakan kegiatan ini berdasarkan keputusan Bupati Luwu tentang pembentukan Panitia seleksi job fit dan seleksi pengisian jabatan.

“Panssel yang terlibat dalamnya dari berbagai profesi, yakni, dari kalangan birokras, profesional dan akademisi. Mereka yang terlibat dalam pansel yakni, Ilham labbase,purnawirwan kolonel Amsal, Arsalam Patah serta Prof. Najamuddin,” sebutnya.

Dilaporkan Andi Muhammad Ahkam Basmin, peserta job fit sebanyak 22 orang sementara untuk seleksi terbuka pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama diikuti 6 orang ASN.

Sementara itu, Satriana Alwi, assesor BPSDM II Provinsi Sulsel, menegaakan bahwa hanya mereka yang masuk salam tiga besar yang akan boleh menduduki jabatan yang dilelang oleh Pemda.

“Hasil dari hari ini keluar tiga besar nama. Mereka ini yang akan dipilih oleh Bupati sebagai eksekutor karena menjadi hak perogratif beliau untuk menentukan nama dari tiga besar tersebut untuk menduduki jabatan yang dilelang,” katanya.

“Hasil seleksi bisa dipantau melalui website pemda. Pengumuman hasil ini bisa diakses oleh publik,” kuncinya.

Untuk diketahui peserta job fit adalah seluruh pejabat eselon II yakni seluruh kepala dinas, kepala badan dan satu staf ahli. Sementara enam orang yang ikut seleksi terbuka pejabat pimpinan tinggi pratama 6 orang yakni, Enriuka Nurthalib, Buhari, Mustafa Rahima, Elyakin dan Rahmatia. (Rilis/Arif)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *