oleh

Begini Cara Kerja VR dalam Menampilkan Gambar Virtual yang Begitu Nyata

 

Sumber : youtube.com

 

Dengan zaman yang semakin maju teknologi begitu pesat, kini telah membuat manusia semakin kreatif dalam menciptakan segala macam teknologi. Teknologi yang mereka ciptakan bertujuan supaya penggunanya dapat merasakan sensasi yang lebih nyata pada sebuah dunia virtual.

 

Salah satu teknologi yang sedang gencar di kalangan masyarakat adalah teknologi virtual reality. Teknologi virtual reality atau yang biasa disebut VR ini akan membawa penggunanya untuk merasakan sebuah sensasi dunia virtual dengan sebuah tampilan visual lebih memukau layaknya dunia nyata.

 

Apakah kamu ingin tahu lebih lanjut tentang teknologi virtual reality ini? Berikut ini artikelnya !

 

Pengertian Virtual Reality (VR)

Sumber : carabaru.net

 

Dalam bahasa Indonesia virtual reality memiliki arti realitas maya. Virtual reality ini di dalamnya dilengkapi dengan sebuah teknologi simulasi komputer yang dapat mengenai keadaan lingkungan sekitar dan akan membuat penggunanya seolah-olah bisa berinteraksi dengan keadaan tersebut.

 

Saat seseorang sedang menggunakan berbagai jenis peralatan virtual reality, akan membuat panca indera dapat merasakan sensasi nyata dalam lingkungan dunia virtual tersebut. Agar penggunanya dapat merasakan sensasi nyata saat berada di lingkungan buatan dalam sistem virtual reality sudah dilengkapi dengan berbagai peralatan pendukung lainnya. Misalnya, ketika kita sedang menggunakan headset dengan dilengkapi berbagai macam properti fisik lain yang akan membuat lingkungan buatan menjadi lebih real dan detail yang nyata.

 

Cara Kerja Virtual Reality (VR)

Sumber : nesabamedia.com

 

Dengan cara memanipulasi otak manusia hingga seakan-akan mereka merasakan berbagai macam hal virtual menjadi terasa lebih nyata inilah teknologi virtual reality bekerja. Jadi, dapat disimpulkan bahwa virtual reality memiliki sebuah proses penghapusan dunia nyata di lingkungan sekitar manusia dan seakan-akan si pengguna akan tergiring lalu masuk ke dunia virtual hingga mereka sama sekali tidak bersentuhan dengan dunia nyata.

 

Selain virtual reality supaya kamu bisa merasakan lingkungan yang lebih real di dunia virtual tentu dibutuhkan sebuah peralatan tambahan. Peralatan tambahan yang minimal harus dimiliki agar merasakan sensasi nyata diperlukan sebuah headset VR yang kini sudah banyak ditemukan di pasaran seperti, Oculus Rift atau Samsung Gear VR.

 

Secara keseluruhan virtual reality ini berbentuk menyerupai sebuah kacamata selam tetapi dilengkapi dengan lensa tertutup. Di dalam VR ini terdapat sebuah tempat untuk meletakkan smartphone dengan fungsi memproyeksikan gambar virtual dan berbentuk seperti kacamata selam yang dinamakan virtual reality box. Virtual reality yang menggunakan smartphone ini tergolong dalam jenis standar.

Sumber : rinditech.com

 

Berbeda lagi dengan VR yang sudah dilengkapi headset serta teknologi canggih seperti Oculus Rift. Dengan VR Oculus Rift kamu tidak perlu lagi menggunakan smartphone untuk mengoperasikannya karena di dalamnya sudah dilengkapi dengan sebuah layar yang secara langsung sudah dapat menampilkan video dan gambar secara virtual reality. Kamu juga bisa menghubungkannya ke komputer menggunakan fitur bluetooth yang tersedia pada virtual reality Oculus Rift ini.

 

Dengan adanya headphone di dalam VR headset ini mereka akan merasakan tambahan efek suara. Selain itu perangkat VR headset ini juga sudah dilengkapi dengan joystick yang sudah tersambung dengan VR, sehingga pengguna akan merasakan sebuah interaksi dengan hal-hal yang ada di dunia virtual tersebut. Ketika sudah menggunakan VR headset ini seakan-akan kamu sudah terhipnotis dengan tampilan dunia virtual dan akan melupakan dunia nyata yang ada di lingkungan sekitar.

 

Misalnya saja pada VR Oculus Rift yang memiliki dua manfaat tampilan dengan cara diproyeksikan ke mata pengguna. Setelah itu kedua tampilan tersebut digabungkan oleh otak sehingga dapat menghasilkan sebuah gambar tiga dimensi yang akan membuat pengguna seolah-olah merasakan dunia nyata meski berada di dunia virtual.

 

 

Itulah penjelasan singkat tentang teknologi virtual reality yang sedang hits di masyarakat. Semoga para ilmuwan bisa lebih mengembangkan teknologi VR ini dan bisa digunakan sebagai penunjang aktivitas manusia.

Komentar