oleh

Begini Penjelasan PT CLM Terkait Tumpahan Ore di Laut

-TERKINI-207 views

MALILI, RADARLUWURAYA.COM– Ore nikel milik PT Citra Lampia Mandiri (CLM) Tumpah di Perairan Laut Lampia, Kecamatan Malili, Kabupaten Luwu Timur.

Tumpahnya ore tersebut di sebabkan jebolnya dinding kapal Taurus 11 saat masih berada di area Jetty milik PT CLM. Jumat 21/02/2020.

Soal kejadian itu, Kepala Teknik Tambang (KTT) PT CLM, Ahmad Surana Nav ST, saat di temui Sabtu 22/02/20, mengatakan bahwa pihakanya telah melakukan investigasi di lokasi.

Dari investigasi tersebut diketahiu dinding kapal jebol saat muatan masih berada dalam bobot 9,801,85 MT, dari kapasitas maksimal bobot yang mampu di tampung kapal seberat 11.000 MT.

Saat ini, Lanjut Ahmad, Upaya PT CLM yakni dengan melakukan penyandaran tongkang yang jebol nantinya akan di lakukan perbaikan, dan saat ini pihaknya mengambil langkah antisipasi menutup tongkang dengan terpal guna meminimalisir tumpahan ore di laut karena hujan.

“Kami tutup dengan terpal, kami juga mengisolasi sumber dengan memindahkan ore dari sisi yang tergerus ke sisi yang lain” Jelasnya

Ia juga menjelaskan terkait adanya dugaan pencemaran laut dalam peristiwa tumpahnya ore tersebut masih menunggu hasil dari Laboratorium Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lutim.

“Masih menunggu hasil Lab dari DLH apakah masuk dalam ketagori tercemar atau tidak” Kata Ahmad.

Terkait hal itu, PT CLM akan melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) di DLH Luwu Timur membahas soal Tumpahan ore tersebut.

“Kami akan hadir dalam RDP tersebut bersama dengan pemilik kapal, Nahkoda, serta kru kapal minimal satu orang” Tutupnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *