oleh

BEM FTIK Sentil Lema Nyatakan Dukungan ke Balon Rektor IAIN Palopo

Presiden BEM FTIK IAIN Palopo, Muh Lutfi (ist)

RADARLUWURAYA.com – Terkait adanya pernyataan sikap dari beberapa Lembaga Mahasiswa (Lema) Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo yang mendukung salah satu Bakal Calon (Balon) Rektor IAIN Palopo dalam pemilihan Rektor Periode 2019-2023, mendapat kritikan dari Presiden BEM Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Palopo, Muh Lutfi.

Selain mahasiswa tidak memiliki hak suara dalam Pemilihan Rektor IAIN Palopo, mahasiswa yang menyatakan sikap dinilai akan memecah belah Lembaga Mahasiswa yang seharusnya steril.

“Mahasiswa adalah salah satu elemen terpenting bagi kemerdekaan bangsa Indonesia. Dalam sejarah bangsa ini nama Mahasiswa tidak pernah hilang disebut baik dalam gerakannya maupun fungsinya sebagai Agen of Change, moral Force, dan Social Control,” jelas Lutfi dalam pres release yang diterima radarluwuraya.com, Senin (3/12).

Dalam ranah kampus disebutkannya, ada beberapa elemen penting yang mengisinya diantaranya pihak birokrasi dan Mahasiswa atau biasa disebut civitas akademika.

Sehingga di dunia kampus, antara pihak birokrasi dan pihak Mahasiswa diwakili oleh Lembaga Kemahasiswaan Intra kampus selalunya saling bersinergi dalam segala aspek kebijakan dan aktivitas dalam kampus itu sendiri.

Dalam aktivitasnya, Mahasiswa menjadi mitra dan patner kritik bagi pihak birokrasi dalam pengambilan kebijakan dan memutuskan segala hal.

“Maka dari itu, saya mengajak segenap Mahasiswa(i) agar tetap menjaga marwahnya sebagai Mahasiswa dan senantiasa mejadi pelopor gerakan sebagai partner kritik terhadap birokrasi,” imbaunya.

Untuk itu, Presiden BEM FTIK IAIN Palopo ini dengan tegas mengimbau mahasiswa maupun lembaga mahasiswa tetap berada pada porosnya yaitu sebagai kaum intelektual yang independen sebagai kaum Middle Class (kelas tengah), diantara hubungan high class (kelas tinggi) dan Low Class (kelas bawah).

“Jadikan tahun pesta demokrasi sebagai ajang pembuktian bagi mahasiswa dalam menjaga marwahnya, jangan sampai kesakralan Mahasiswa dibuat kotor oleh beberapa pihak yang memiliki kepentingan pribadi dan mengatas namakan Mahasiswa. Hidup Mahasiswa !,” tandasnya.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun radarluwuraya.com, Lema IAIN Palopo yang telah menyatakan sikap mendukung salah satu Balon Rektor IAIN Palopo yakni dari UKK Timpa’raga dan BEM Febi IAIN Palopo.

Sekedar diketahui ada enam nama yang telah dinyatakan lolos tahap penjaringan Balon Rektor IAIN Palopo yakni, petahana Rektor IAIN Palopo, Dr Abdul Pirol M.Ag, Direktur Umum Pasca Serjana IAIN Palopo, Dr. Abbas Langaji M.Ag, Wakil Rektor I Bidang Akademik IAIN Palopo, Dr. Rustan S, M.Hum.

Selanjutnya Wakil Rektor II IAIN Palopo Bidang Keungan, Dr. Ahmad Syarief Iskandar MM, Wakil Rektor III IAIN Palopo Bidang Kemahasiswaan, Dr. Hasbi M.Ag dan Wakil Dekan I Fakultas Ushuluddin Dakwah IAIN Palopo, Dr. H. M. Zuhri Abunawas Lc, M.A. (ale)

Komentar