oleh

Besok Komisi Yudisial RI Bertandang ke PN Malili, Ada Apa?

RADARLUWURAYA.com – Komisi Yudisial (KY) Republik Indonesia dijadwalkan akan mendatangi Pengadilan Negeri (PN) Malili, Kabupaten Luwu Timur.

Kedatangan KY ini untuk memberikan advokasi perlindungan kepada Hakim PN Malili Kabupaten Luwu Timur yang dituduh pihak tertentu tanpa dasar yang jelas atau cenderung fitnah.

Demikian diungkapkan Ketua Pengadilan Negeri Malili, Khairul, Rabu (16/1/2019). Disebutkannya bahwa KY Ri Dijadwalkan berada di PN Malili Kabupaten Luwu Timur, Kamis (17/1/2019) besok.

Rencana kedatangan tersebut merupakan bentuk tanggung jawab kelembagaan dari tugas KY RI yang bertugas menjaga marwah jabatan hakim dari segala macam bentuk intervensi dan ancaman pihak yang tidak bertanggung jawab kepada kemuliaan profesi hakim.

“Tadi siang tim dari Komisi Yudisial telah mengkonfirmasi maksud kedatangannya kepada saya lewat via WA. Insya Allah mereka direncanakan besok pagi datang bersilaturahmi ke PN Malili,” ungkap Khairul.

Menurutnya, hal ini menunjukkan laporan PN Malili tidak main-main terhadap pihak yang telah menghina profesi hakim beberapa bulan lalu saat momentum peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia.

Akan tetapi kata dia, sebagai manusia biasa, juga membuka pintu maaf selebar-lebarnya kepada pihak yang telah dilaporkan PN Malili.

“Hanya sampai saat ini pihak-pihak tersebut tidak pernah bersilaturahmi kepada kami dan secara ksatria mengakui kekeliruannya yang menjurus kepada fitnah institusi peradilan,” tambah Khairul.

Sebelumnya diberitakan pihak PN Malili melaporkan sejumlah pihak yang diduga telah melakukan pencemaran nama baik terhadap profesi hakim yang menyebutkan adanya dugaan kasus suap sengketa tanah oleh oknum hakim PN Malili tanpa didasari bukti yang cukup. (*)

Komentar