oleh

Bupati Luwu Titip Walmas ke Kepala Balitbang Sulsel

RADARLUWURAYA.com – Dihadapan Kepala Kepala Balitbang Propinsi Sulawesi Selatan, Dr HM Ikbal Samad, Bupati Luwu Basmin Mattayang menitip pengembangan daerah Walenrang-Lamasi (Walmas).

Hal itu disampaikan Basmin saat Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) RKPD 2020 tingkat Kabupaten Luwu, di Aula Bappeda Luwu, Rabu (27/3).

Bupati Basmin mengharapkan agar keberadaan Walmas yang secara totalitas terpisah dari induk kabupaten, bisa menjadi perhatian Propinsi Sulawesi Selatan baik dalam hal pemekarannya maupun pengembangan sarana dan prasaranaanya saat ini.

 

BACA: 

Bupati Luwu Timur Serahkan Bantuan Bedah Rumah ke Warga di Empat Kecamatan

 

“Pak Balitbang, saya titip Walmas. Dan bukan hanya kali ini saja. Setiap ada tamu yang datang, Walmas selalu saya titip. Bagi kami, Walmas adalah harga mati,” kata Basmin.

Sementara itu, di Musrenbang RKPD 2020, Basmin mengatakan, musrenbang adalah forum terbuka untuk seluruh elemen masyarakat. Ada dua isi penting di dalamnya. Pertama adalah kritik masa lalu dan yang kedua adalah saran untuk masa akan datang.

“Ada kritik ada juga saran. Satu minggu setelah saya dan Syukur Bijak dilantik, banyak kritikan yang masuk. Bahkan ada yang bilang musrenbang tidak ada gunanya. Lain yang diusul lain yang keluar. Saya tak tahu di mana masalahnya. Olehnya itu saya minta para camat dan SKPD terkait harus jeli melihat apa yang menjadi kebutuhan masyarakat publik terutama yang berpihak pada layanan dasar,” ungkap.

 

BACA: 

Bus Litha and Co Sambar Motor Penjual Sayur di Malili, Begini Kondisi Korban

 

Skala prioritas, lanjut Basmin, tidak akan bisa diketahui bila para kepala desa, camat dan leading sektor terkait malas turun ke masyarakat untuk melihat apa yang menjadi kebutuhan warga.

“Kita ini harus agresif turun ke masyarakat. Memang disadari kondisi keuangan daerah tidak mampu memenuhi semua kebutuhan. Tapi ada namanya skala prioritas. Ini bisa didapat, bila kita jeli melihat. Saya minta laksanakan musrenbang ini dengan baik. Rencanakan dengan baik terutama yang berkaitan dengan pelayanan publik. Layanan dasar,” imbau Basmin. (*)

Komentar