oleh

Cegah Hoax di Medsos, Begini Saran KNPI Lutra

RADAR LUWURAYA.com – Upaya untuk menekan informasi yang tidak benar lazimnya disebut hoax khususnya dalam bermedia sosial, DPD II Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Luwu Utara memiliki strategi jitu. Strategi tersebut disampaikannya dalam Workshop Ormas 2018 yang digelar Kesbangpol kerjasama dengan OKP di Hotel Remaja Indah Masamba, Selasa (27/11/2018).

Dalam Workshop ini Ketua DPD II KNPI Lutra, Suharto menyarankan kepada Polres Lutra untuk kerja sama dengan Kominfo dalam cegah informasi hoax di medsos.

Tak hanya itu, Suharto juga menyebutkan, peran pemuda, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Organisasi Kepemudaan (OKP) dan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) dalam rangka mencegah hoax, Narkoba dan Radikalisme sangat diperlukan.

Hal ini kata dia menjadi sangat penting, sebab lembaga-lembaga tersebut dinilai mampu menggerakan massanya dalam mengantisipasi hoax dan sejenisnya.

“KNPI mempunyai peran yaitu bersinergi, bermitra dan berpartisipasi. Di Luwu Utara kita belum pernah menemukan konflik terkait Pilkada, Pileg dan Pilpres, sehingga ini perlu dipertahankan bersama dari semua elemen,” jelas Suharto.

Tak hanya itu, Ketua KNPI Lutra ini juga menyebutkan, jika kejahatan merajalela karena orang baik diam tanpa melakukan perubahan sosial di masyarakat.

“Kejahatan yang terstruktur akan mengalahkan kebaikan yang tidak terstruktur,” tandas Suharto.

Sementara Wakil Kepala Kepolisian Resort (Wakapolres) Kabupaten Luwu Utara, Amir Majid mengatakan, dalam merespon permasalahan sosial seperti penyebaran informasi hoax, narkoba dan radikalisme, masyarakat ataupun ormas diimbau langsung melapor kepada pihak keamanan setempat.

“Agar kiranya melapor melalaui telepon genggam jika ada keraguan akan ketahuan terhadap masyarakat yang terlapor,” beber Wakapolres Lutra ini.

Turut hadir dalam kegiatan ini Asisten Administrasi Umum Drs. H. Muh Kasrum, Kepala Kementrian Agama Kabupaten Lutra, H. Usman, Komisioner KPU, Suprianto, Staf Ahli Bupati, Pengurus KNPI Lutra dan masing-masing perwakilan Ormas. (herman)

Komentar