oleh

Demi Kejayaan Kakao, Pemda Luwu Utara Teken MoU

RADARLUWURAYA.com – Dinas TPHP Kabupaten Luwu Utara berkerja sama dengan Forum Masyarakat Kakao Luwu Raya (Fomakara) gelar pertemuan multi stakeholder untuk keberlanjutan kakao di Aula Bappeda Kabupaten Luwu Utara, Kamis (20/12).

Selaku Panitia, Ramlah S.P menyampaikan bahwa, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menyamakan presepsi tentang pengembangan dan keberlanjutan komoditi kakao di Luwu Utara. Untuk itu kata dia, diharapkan kegiatan ini seluruh stakeholder dapat bersinergi untuk memikirkan keberlanjutan kakao Luwu Utara.

Ketua Fomakara, Ir. H. Sam Sumastono. MM mengatakan, pengurus Fomakara sangat bangga karena di berikan kepercayan oleh Bupati Luwu Utara, Hj Indah Putri Indriani S Ip untuk ikut memperhatikan kakao di Kabupaten Luwu Utara.

“Kami mengharapkan kerjasama yang baik dengan semua stakeholder agar kakao yang kita jaga ini bisa berkembang lebih baik lagi khususnya di Luwu Utara,” ungkapnya.

Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Luwu Utara, Abdul Mahfud  mengatakan, kakao merupakan komoditi unggul Kabupaten Luwu Utara. Sekda Lutra juga membeberkan luas areal kakao di Luwu Utara tahun 2017 yakni seluas 39.410,27 Hektar dengan produksi sebanyak 26.274,91ton dengan melibatkan petani sebanyak 28.020 KK.

“Salah satu program Pemda luwu utara melalui dinas TPHP kerja sama dengan Formakara adalah melakukan pendampingan pada petani kakao di 6 kecamatan dan 12 kelompok tani,” katanya.

Oleh karna itu, Mahfud sangatberharap semua lembaga pemerhati kakao yang masuk atau akan masuk ke Luwu Utara senantiasa melakukan koordinasi yang baik dengan Pemda Luwu Utara diawal programnya setiap tahun, agar program-program pendampingan yang dilakulan dapat memberi manfaat.

Dalam kegiatan ini pula dilakukan penandatanganan Memoradum of Understanding (MoU) antaraPemda Luwu Utara bersama PT. Polowijo Gosari, BANK BRI, dan Fomakara yang disaksikan oleh Sekda Luwu Utara.

Turut hadir Sekda Luwu Utara, Abdul Mahfud, Pimpinan BRI Cabang Masamba, Bayu Adityo, Ketua Umum Fomakara, Ir. H. Sam Sumastono. MM, PT. Polowijo Gosari, Abd. Muis. (Herman)

Komentar