oleh

Deteksi Dini Penyakit, Pemda Lutra Launching Mobile Cerdik

RADARLUWURAYA.com – Upaya memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat secara memadai, Pemerintahan Daerah (Pemda) Kabupaten Luwu Utara melalui Dinas Kesehatan launching program mobile Cek kesehatan secara rutin, rajin aktifitas fisik, diet seimbang, Istirahat cukup, dan kelola stress (Cerdik) di lapangan Marobo Kantor Camat Sabbang, Jumat (28/12).

Disela-sela kegiatan, Kadis Kesehatan Kabupaten Luwu Utara, dr. Andi Muh. Nasrum mengatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendeteksi dini resiko pada Penyakit Tidak Menular (PTM) melalui skrining kesehatan masyarakat usia 15-59 tahun.

“Mobile cerdik adalah suatu kegiatan yang secara terus-menerus mengunjungi seluruh kelompok-kelompok untuk mengajak masyarakat berperilaku cerdik dalam mengendalikan PTM,” katanya.

Diakuinya, PTM ini lebih mendominasi dari pada penyakit yang menular. Sehingga kondisi ini harus di upayakan agar tidak berlebihan.

Hal senada juga diungkapkan Bupati Luwu Utara, Hj Indah Putri Indriani. Dirinya mengatakan, mencegah penyakit lebih baik dari pada mengobati. Sebab menurutnya, biaya dalam pencegahan penyakit relatif rendah dari pada mengobati.

“Saya sangat menyambut baik Mobile cerdik ini, apa lagi saat ini Indonesia tengah mengalami perubahan pola penyakit yang sering disebut transisi epidemiologi yang ditandai dengan meningkatnya kematian dan kesakitan akibat penyakit tidak menular,” imbuh Indah.

Tak hanya itu, orang nonor satu di Lutra ini menyebutkan, jika kematian akibat PTM semakin meningkat dan akan terus meningkat seiring dengan pola hidup tidak sehat antara diet tidak sehat dan seimbang. Untuk itu dirinya menghimbau, agar masyarakat mengurangi aktivitas fisik, seperti merokok, minum alkohol dan stres.

“Saya sangat mengsupport seluruh inovasi melalu mobile cerdik ini. Saya berharap yang paling penting dari inovasi adalah keberlanjutannya,” jelas Indah.

Dirinya berharap, dengan adanya mobile cerdik ini maka target standart pelayanan minimal (SPM) akan terpenuhi. “Mobile cerdik diharapkan mampu melayani masyarakat yang tidak hadir pada waktu kegiatan posyandu PTM dan daerah yang aksesnya jauh dari pelayanan kesehatan,” pungkas Indah.

Turut hadir dalam launching Mobile Cerdik yakni Bupati Lutra, Indah Putri Indriani, Ketua Tim penggerak PKK Enny Thahar, Kadis Kesehatan Andi Muh. Nasrum, Direktur RSUD A. Djemma dr. Hariadi, Camat Sabbang, Nuralim, dan Unsur Tripika. (Herman)

Komentar