oleh

Di depan Ribuan Maba IAIN Palopo, Kasdim 1403/Swg Berikan Wejangan Bela Negara

RADARLUWURAYA.com – Tampil dengan seragam loreng di rapat senat terbuka Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) Tahun 2018 IAIN Palopo, Kasdim 1403/Swg, Mayor Inf Martinus Pagasing menjadi pusat perhatian ribuan mahasiswa baru (maba).

Di acara itu, Kasdim 1403/Swg diminta oleh pihak kampus untuk memberikan wejangan bela negara dan wawasan kebangsaan kepada kurang lebih 2.000 orang maba.

Acara itu sendiri berlangsung di kampus IAIN Palopo, Jln Agatis Kelurahan Balandai Kecamatan Wara Utara, Kota Palopo, Selasa (28/8/2018).

Menurut kasdim, salah satu cara untuk menghindari radikalisme adalah meningkatkan wawasan kebangsaan. Itu dengan cara menumbuhkan rasa, paham dan semangat kebangsaan.

“Termasuk memegang teguh pada dasar negara Pancasila dan bela negara,” sebutnya.

Kata mantan Perwira Penghubung (Pabung) Luwu ini, ancaman nyata di depan mata saat ini adalah adanya Proxy War.

“Contohnya, perang terhadap narkoba dan terorisme,” ucap Martinus.

Untuk itu, pria yang pernah menjabat sebagai Danki C 721/Mks ini berpesan kepada maba agar bijak dan dewasa dalam penggunaan media sosial, salah satunya dengan menghindari barita hoax.

“Juga menghormati simbol-simbol negara, rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara. Dan yang terpenting adalah menghormati orang tua dan guru,” tandasnya.(tiara)

Komentar