oleh

Dievakuasi ke Makassar Korban Antre

RADARLUWURAYA.com – Ratusan korban gempa bumi dan tsunami di Palu-Donggala, Sulawesi Tengah, masih mengantre untuk dievakuasi menuju Makassar, Sulawesi Selatan.

Evakuasi dilakukan di bawah kendali TNI Angkatan Udara yang menyediakan pesawat jenis Hercules untuk membawa para korban dari Bandar Udara Mutiara SIS Al-Jufrie, Palu, ke Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar.

Teknis evakuasi sudah diatur sedemikian rupa. Aparat TNI mengutamakan korban dengan kondisi yang membutuhkan perawatan segera untuk masuk pesawat.

Selain itu, prioritas evakuasi berlaku terhadap kaum ibu dan anak-anak. Hal ini dilakukan mengingat kapasitas pesawat yang terbatas yaitu hanya bisa mengangkut 150 penumpang sekali penerbangan.

Salah satu relawan medis yang ditemui redaksi menyebutkan bahwa jumlah korban yang dievakuasi dari Palu hari ini sudah jauh berkurang. Mayoritas korban luka sudah dibawa ke Makassar sejak hari ketiga setelah tsunami.

“Hari ini sudah sedikit. Kemarin itu sampai rebutan untuk masuk pesawat. Tetapi memang prioritas yang perlu perawatan, lalu ibu-ibu dan anak-anak,” kata relawan medis bernama Tiwi. (rmol)

Komentar