oleh

Dinas Kominfo Sinjai Penasaran Dengan PPID Lutra, Yuk Intip Kunjungan Mereka

-Tak Berkategori

RADARLUWURAYA – Pansus III DPRD Sinjai bersama Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sinjai mengunjungi Kabupaten Luwu Utara sehubungan dengan Pembahasan Peraturan Daerah Kabupaten Sinjai tentang Retribusi Pengendalian Menara Telekomunikasi, Kamis (1/11/18). Selain membahas tentang retribusi menara komunikasi, ternyata ada juga hal menarik yang ikut dibahas dalam pertemuan ini.

Ternyata, Kepala Dinas Kominfo Sinjai, Firdaus penasaran dengan pengelolaan informasi publik di Luwu Utara, apalagi daerah ini telah ditetapkan sebagai peringkat pertama dalam keterbukaan informasi oleh Komisi Informasi Publik (KIP) Sulawesi Selatan, beberapa waktu lalu.

Firdaus mengatakan pihaknya akan banyak memperoleh informasi pada kunjungannya kali ini terkait Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID).

“Kami penasaran seperti apa pengelolaan PPID di Luwu Utara sehingga mendapatkan peringkat pertama, kami (Pemkab Sinjai) hanya berada di posisi kedua disusul Makasssar di posisi ketiga,” ujarnya.

Untuk menjawab rasa penasaran itu, rombongan dari Pemkab Sinjai itu pun diajak untuk mengunjungi Command Center Pemkab Lutra. Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani yang menyambut rombongan di Command Center ruang kerjanya mengatakan masyarakat punya hak untuk tahu setiap kegiatan Pemerintah Daerah.

“Masyarakat kita berhak tahu aktifitas kita selain 10 informasi yang dikecualikan. Selebihnya kita publish melalui laman Portal resmi Luwu Utara di www.luwuutarakab.go.id. Selain itu ada tayangan “e-liput’ yang merupakan inovasi dari Kasubag Peliputan Humas Protokol. Masyarakat bisa mengakses kapan saja dan di mana saja,” kata Indah menjelaskan.

Kehadiran Command Center yang digagas Dinas Kominfo Luwu Utara yang sedang dalam tahap pembenahan, sehingga diharapkan dapat segera dirasakan manfaatnya utamanya dalam keterbukaan informasi publik dan pelayanan kepada masyarakat sebab hakikatnya tekhnologi hadir mempermudah dan mempercepat pelayanan.

“Saat ini ada dua CCTV yang terpasang di ruas jalan Kota Masamba yang langsung terkoneksi di ruang Command Center, mudah-mudahan pembenahan rampung pada akhir tahun ini,” imbuh Indah Putri.

Komentar