oleh

Diskominfo Lutra Gelar Bimtek dan Pelatihan PPID, Ini Tujuannya

RADARLUWURAYA.com – Setelah dinyatakan sebagai daerah terbaik oleh Komisi Informasi (KI) Provinsi Sulawesi Selatan dalam hal keterbukaan informasi pada Jumat 21 Desember 2018 lalu, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Luwu Utara langsung menggelar Pelatihan dan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara, Rabu (26/12), di Aula Hotel Bukit Indah Masamba.

Selain diikuti 54 PPID yang tak lain para Sekretaris di masing-masing Perangkat Daerah, pelatihan ini juga diikuti oleh para Sekretaris Kecamatan dan para Admin Website Perangkat Daerah. Bupati Luwu Utara melalui Asisten Administrasi Umum Muhammad Kasrum memberikan apresiasi kepada Kepala Dinas Kominfo beserta jajarannya, termasuk para PPID atas apresiasi dari KI sebagai daerah terbaik dalam keterbukaan informasi publik.

“Apresiasi buat Kominfo dan seluruh PPID karena Luwu Utara mendapat pengakuan sebagai daerah terbaik dalam keterbukaan informasi publik di Sulsel. Penganugerahan keterbukaan informasi publik telah dua tahun digelar, dan kita menjadi daerah pertama yang mendapatkan penghargaan ini, bahkan mempertahankannya di tahun kedua,” ujar Kasrum yang langsung mendapat applaus dari peserta.

Kasrum menambahkan, prestasi tersebut tidak terlepas dari peran aktif dan kontribusi masif dari para PPID di dalam mendukung penyelenggaraan keterbukaan informasi publik di Kabupaten Luwu Utara.

“Saya kira ini berkat dukungan dari kita semua, jajaran Dinas Kominfo, PPID, Admin Website SKPD, dan seluruh pihak terkait. Penghargaan ini adalah pengakuan bahwa kita telah bekerja dengan baik sehingga melahirkan apresiasi,” tukas Kasrum.

Sementara itu, Kadis Kominfo Luwu Utara, Arief R. Palallo, mengatakan, dalam waktu dekat akan memberikan apresiasi berupa piagam penghargaan kepada seluruh PPID Perangkat Daerah.

“Penghargaan ini sebagai wujud apresiasi pemerintah daerah terhadap kontribusi aktif para PPID di dalam penyelenggaraan informasi publik di Luwu Utara. Insya Allah, Bupati yang akan memberikan langsung kepada para PPID,” ungkap Arief.

Kegiatan Pelatihan dan Bimtek bagi PPID Pembantu SKPD ini diselenggarakan oleh Diskominfo Kabupaten Luwu Utara dengan menghadirkan dua narasumber, masing-masing Kadis Kominfo Arief R. Palallo, serta Kasubag Analisis Media dan Dokumentasi Bagian Humas dan Protokol, Lukman.

Kasubag Analisis Media dan Dokumentasi Bagian Humas dan Protokol Lutra, Lukman di hadapan peserta pelatihan mengatakan, di dalam menyusun sebuah berita yang sesuai kaidah jurnalistik tidak terlalu sulit, cukup mengetahui dua hal yang paling mendasar dalam menulis berita. Kedua hal tersebut, kata Lukman, adalah rumus 5W + 1H, dan format Piramida Terbalik.

“Menulis berita sebenarnya cukup sederhana, cukup mengetahui dua hal mendasar dalam menulis berita, yakni rumus 5W + 1H dan format piramida terbalik. Selain itu, tinggal pendalaman-pendalaman isu dan improvisasi si penulis,” tutur Lukman di hadapan PPID yang tidak lain adalah para Sekretaris Perangkat Daerah.

Satu hal paling ditekankan Lukman adalah penulis tidak boleh bermain dengan opini-opini pribadi dalam menulis berita. “Dalam menulis berita, kita harus berpegang teguh pada fakta-fakta, bukan menonjolkan perasaan sendiri. Untuk menghindari hal tersebut, maka minta informasi kepada pihak-pihak yang berkompeten,” jelasnya.

Selain para PPID Pembantu yang notabene adalah para Sekretaris Perangkat Daerah, pelatihan dan bimtek ini juga diikuti para Sekretaris Kecamatan (Sekcam), dan para Admin Website masing-masing Perangkat Daerah. (*)

Komentar