oleh

Diversi, Pelaku dan Korban Tawuran di Walenrang Sepakat Damai

RADARLUWURAYA.com – Setelah menjalani diversi di kantor Polsek Walenrang, empat pelajar yang terlibat tawuran sepakat damai.

Pelaku dan korban tawuran ini, masing-masing inisial MB (16) dan CP (16) yang diduga sebagai pelaku penganiaya. Sedangkan MP (17) dan PR (17) merupakan korban. Menurut informasi, mereka diduga terlibat tawuran pada 13 February 2019 lalu.

Hajar Aswad selaku Pembimbing Kemasyarakatan Bapas Kelas IIA Palopo membenarkan proses diversi tersebut.

“Untuk kasus kemarin, dilakukan diversi karena, ancaman pidananya dibawah 7 tahun penjara, dan bukan merupakan pengulangan tindak pidana,” kata Hajar Aswad, Sabtu (23/2).

Jadi, lanjutnya, Bapas dan kepolisian hanya memfasilitasi proses diversi ini. Terkait hasilnya, itu merupakan keputusan kedua belah pihak.

Dipersi kata Hajar Aswad, adalah pengalihan penyelesaian perkara Anak dari proses peradilan pidana ke proses di luar peradilan pidana atau musyawarah.

“Setelah proses diversi berhasil, akan dilanjutkan dengan pembimbingan dan pengawasan secara berkala,” sebutnya.

Ia juga menambahkan, bahwa Bapas Klas IIA Palopo membawahi wilayah Luwu Raya, Tana Toraja, Toraja Utara dan Enrekang.

Sementara itu, Kapolres Walenrang, AKP Rafli melalui humasnya, mengatakan, setelah didiversi, terlapor membuat pernyataan sesuai keinginan pelapor (korban, red) untuk tidak mengulangi lagi perbuatannya dan di bubuhi tandatangan di atas materai 6000.

“Proses diversi ini disaksikan oleh kedua orangtua korban dan pelaku,” tandasnya. (Niki)

Komentar