oleh

DP3A Palopo Kembangkan Aplikasi SIGA, Ini Tujuannya

RADARLUWURAYA.com – Pemerintah Kota Palopo melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Palopo menggelar kegiatan sosialisasi dan pelatihan pengembangan Sistem informasi Gender dan Anak (SIGA), yang dilaksanakan di Aula Hotel Harapan Kota Palopo Jl. Mangga No.100 Palopo, Selasa (11/12).

Pada kesempatan itu, Kepala Bidang Kesejahteraan Gender, Dra. Hj. Lili Kaliso dalam laporannya menyampaikan, tujuan kegiatan ini agar terbentuk aplikasi data khususnya informasi terkait Gender dan Anak di Kota Palopo.

“Pelatihan ini guna mensinkronisasikan penyajian dan penginputan data terkait informasi Gender dan Anak berbasis website, ” ungkap Lili Kaliso.

Lili juga berharap dengan pelaksanaan pelatihan tersebut kedepan akan lebih lebih mudah dan akurat terkait pendataan dan informasi gender dan anak yang ada di lingkup kerja masing-masing Perangkat Daerah.

“Karena aplikasi SIGA ini penting, sehingga peserta dalam kegiatan ini sesuai dengan harapan Walikota melibatkan perangkat daerah terkait hingga ketingkat Kecamatan,” jelas Lili.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Palopo, Baso Sulaiman yang mewakili Walikota Palopo saat membuka kegiatan sosialisasi tersebut, menyampaikan pemberdayaan dan pendayagunaan program Gender dan Anak adalah merupakan tanggungjawab bersama.

“Tak boleh ada persepsi yang menyimpulkan bahwa program pemberdayaan Gender dan anak hanya merupakan tanggungjawab sektor atau unit kerja tertentu, ” ungkapnya.

Lanjut Baso Sulaiman, terkait SIGA kedepan akan dikelola secara cermat dan profesional melalui forum data Kota Palopo, hal ini diupayakan agar data yang dihasilkan lebih akurat.

“Oleh karena itu, melalui sosialisasi ini perlu diupayakan pelaksanaan keterpaduan data yang dapat dipergunakan oleh semua unit kerja sebagai acuan pelaksanaan program berbasis gender dan anak,” harapnya.

Baso Sulaiman juga berharap aplikasi SIGA akan melengkapi upaya dan komitmen Pemerintah Kota Palopo mewujudkan penjabaran program smart city, sehingga di upayakan segera direalisasikan secara optimal dengan melibatkan SDM yang mumpuni, khususnya tenaga IT.

“Yang terpenting adalah program aplikasi SIGA ini dapat segera diakses oleh masyarakat sehingga akan dapat membantu memudahkan masyarakat dalam menyampaikan informasi dan pelaporan tentang kejadian ancaman kekerasan yang mungkin saja terjadi dan menimpa kaum perempuan dan anak,” tandasnya.

Pada kegiatan sosialisasi tersebut, turut dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Palopo, Suriani Suli SH., MM, perwakilan Polres Palopo, Kodim 1403 Sawerigading, serta perwakilan peserta sosialisasi. (*)

Komentar