oleh

DPRD Lutra Desak Pemerintah Tunda Pelantikan Tiga Desa

RADARLUWURAYA – Komisi I DPRD Kabupaten Luwu Utara mendesak kepada Pemerintah Kabupaten Luwu Utara untuk menunda pelantikan kepala desa hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 3 Oktober lalu.

Desakan itu menyusul adanya ketidak puasan atas hasil Pilkades serta dugaan pelanggaran yang terjadi. Ketua Komisi I DPRD Luwu Utara, Sudirman Salomba mengatakan pihaknya telah menerima pengaduan terkait pelaksanaan Pilkades yang bermasalah di tiga desa.

BACA JUGA: Unggul 21 Suara, Zulyama Alnan Pimpin Desa Pengkajoang

“Ketiga desa itu yakni Desa Malangke dan Tokke di Kecamatan Malangke, dan Desa Pengkajoang Kecamatan Malangke Barat. Kami akan carikan solusi berdasarkan UU dan perda terkait atauran main pilkades,” ungkapnya saat digelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) di Kantor DPRD Luwu Utara, Kamis (25/10/18).

Dia pun mendesak kepada Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintah Desa dan Kelurahan (BPMPDK) Luwu Utara, untuk menunda pelantikan tiga desa tersebut. “Kami juga mempersilahkan kepada pihak yang merasa dirugikan dengan proses Pilkades lalu, untuk menempuh ranah hukum,” ungkap Sudirman.

BACA JUGA: Pangdam XIV Hasanuddin Bakal Bangun Kodim di Luwu Timur

Sudirman menyebut, solusi yang ditawarkan itu sebagai bagian untuk menciptakan rasa aman di Kabupaten Luwu Utara.

Ditempat terpisah, Safwan, kuasa hokum Supriadi Mukmin, Calon Kepala Desa Pengkajoang yang meraih suara terbanyak kedua mengaku jika pihaknya menduga terjadi pelanggaran pada pelaksanaan Pilkades yang diduga sengaja dilakukan guna memenangkan kandidat tertentu.

Dugaan itu muncul setelah pihaknya melakukan penelusuran dan menemukan jika terdapat beberapa pemilih yang masih di bawah umur. “Selain itu kami juga menemukan adanya pemilih yang berdomisili kurang dari enam bulan, padahal sesuai aturan hal tersebut tidak dibolehkan,” ujar Safwan.

Untuk diketahui, Pilkades di Desa Pengkajoang diikuti oleh tiga kandidat, yakni Supriadi Mukmin dengan nomor urut 1, Zulyama Alnan dengan nomor urut 2, dan Syamsir dengan nomor urut 3. Saat pemungutan suara selesai, Zulyama Alnan berhasil menang tipis dengan selisih 21 suara dari Supriadi Mukmin.

Perolehan suara Zulyama adalah sebanyak 582 suara,Supriadi sebanyak 561 suara, dan urutan terkahir Syamsir yang hanya memperoleh 297 suara saja.

Komentar