oleh

DPRD Poso Belajar Pembangunan Kawasan Pedesaan di Lutra

LUTRA, RADARLUWURAYA – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Poso berkunjung ke Kantor Bupati Luwu Utara untuk belajar pembangunan kawasan Pedesaan di Luwu Utara, Senin (19/4/2021).

Kunjungan DPRD Poso diterima langsung Wakil Bupati Luwu Utara, Suaib Mansur.

Ketua DPRD Poso, Sesi K.D Mapeda mengaku bahwa pemilihan Kabupaten Luwu Utara sebagai tujuan lantaran kota berjuluk Bumi Lamaranginang dinilai mampu meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat di 30 desa penerima dana desa alokasi afirmasi miskin tahun 2020, yang sekaligus mengonfirmasi keberhasilan pembangunan desa di Kabupaten Luwu Utara.

“Kita ingin mempelajari mekanisme penetapan rencana kerja yang telah dibuat Luwu Utara seperti mengoptimalkan anggaran dalam membangun desa yang berimbas pada pengentasan kemiskinan,” ucap Sesi KD Mapeda

Sesi mengaku akan menerapkan beberapa hasil pembelajaran ini di Kabupaten Poso. “Apa yang kita terima disini nantinya akan kira terapkan,” tambah Sesi.

Sementara itu, Wakil Bupati Luwu Utara, Suaib Mansur mengaku menerima dengan baik kedatangan legislator Poso untuk bertukar pikiran.

Menurutnya, kunjungan kerja yang dilakukan DPRD Poso merupakan hal positif.

“Kita menyambut baik, ada beberapa hal yang akan diterapkan di Poso dan telah ada di Luwu Utara. Ini kita sharing saling berbagi dan ini hal yang baik,” ujar Suaib.

Seperti diketahui, dari data yang dibeberkan Kepala Dinas PMD, Misbah, ada 44 desa di Luwu Utara yang mendapat dana desa alokasi afirmasi tahun 2020. Dari hasil evaluasi, 30 dari 44 desa ini mengalami capaian luar biasa karena berhasil mengelola dana afirmasi. Indikasi keberhasilan berimbas pada menurunnya penerima dana afirmasi, dari 44 desa di 2020, tersisa 14 desa di 2021.

“Ini berarti pembangunan desa di Luwu Utara melalui dana desa dinilai berhasil dan berjalan baik. Kendati mengalami pengurangan, tapi hal itu tidak memengaruhi alokasi dana desa untuk Luwu Utara,” singkat Misbah. (hms)

Komentar