oleh

Dua Hari Sekali, WB Lapas Palopo Khatam Al-Qur’an

RADARLUWURAYA.com – Selama Ramadan 1440 H tahun 2019 ini, warga binaan (WB) Lapas Klas IIA Palopo disibukkan dengan kegiatan keagamaan.

Mulai dari berpuasa, tadarusan hingga salat bersama. Itu dilakukan dalam upaya memperbaiki diri mereka selama menjalani masa hukuman dibalik jeruji.

“Ramadan ini, warga binaan kami khatam Al-Qur’an dua hari sekali,” kata Kepala Lapas IIA Palopo, Indra Sofyan Senin (20/5).

Indra mengatakan, tadarusan dilakukan usai salat Tarawih di masjid Lapas. “Pagi hari juga ada pengajian, baca tulis Al-Qur’an. Itu bersama ustadz dari IAIN Palopo, polisi santri dan organisasi keagamaan lainnya,”.

Bahkan, kumpulan remaja masjid di masjid Lapas Palopo juga sudah ada, itu diungkapkan oleh Kalapas Palopo.

“Ada kumpulan manula dan remaja masjid, mereka sama-sama saling mengajarkan baca tulis Al-Qur’an,” beber Indra lagi.

Hanya saja, kata Indra, untuk salat Tarawih, pihaknya terpaksa melakukan jadwal bergilir. “Kapasitas masjid Lapas setelah dilebarkan bisa menampung sekitar 400 orang, jadi untuk salat Tarawih kami gilir tiap blok tiap malam,” tambahnya.

Jumlah warga binaan di Lapas Palopo
lebih dari 800 orang, sedangkan yang beragama muslim sekitar 600 orang. Jadwal bergilir salat Tarawih bagi WB dilakukan juga untuk menjaga situasi keamanan di lembaga tersebut.(Niki)

Komentar