oleh

Dukung Program Kabupaten Layak Anak, Diskominfo Lutra Perkenalkan Internet Sehat

RADARLUWURAYA — Sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) 2017, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Luwu Utara terus melakukan berbagai upaya penguatan di beberapa aspek. Salah satunya dengan melibatkan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) sebagai salah satu instrumen penting dalam upaya mempertegas status Luwu Utara sebagai Kabupaten Layak Anak yang diraihnya pada 2017 kemarin.

Dilibatkannya Diskominfo sebagai salah satu instrumen penting dalam penguatan tersebut, ibarat angin segar bagi instrumen lainnya, juga sebagai amunisi tambahan guna memperkuat kesolidan tim KLA yang terdiri dari beberapa stakeholder terkait, seperti DP3A, Dinas Pendidikan, Dinkes, DP2KB, Forum Anak Kabupaten, dan Forum Kabupaten Sehat. Gayung pun bersambut, Diskominfo, langsung bergerak merespon hal itu.

Diskominfo menggelar Sosialisasi Internet Sehat selama tiga hari sampai Jumat, 5 Oktober 2018. “Sosialisasi Internet Sehat ini sudah berlangsung selama tiga hari, dan sudah tersosialisasi di tiga sekolah dari tujuh sekolah yang kita rencanakan,” tutur Kadis Kominfo, Arief R. Palallo, Kamis (4/10) kemarin.

Misi utama keterlibatan Dinas Kominfo adalah ikut mengambil bagian dalam penguatan KLA melalui program pencegahan, penyelamatan dan perlindungan anak dari pengaruh buruk internet dan gadget. “Dalam sosialisasi ini kita menyampaikan bahwa kecanduan gadget dan internet bisa menimbulkan penyakit, baik fisik maupun psikis, dan itu akan timbul dalam 3 – 5 tahun ke depan,” ungkap Arief.

Beberapa konten negatif internet dan gadget yang harus diproteksi dan dicegah adalah pornografi, game yang tidak mendidik, adegan kekerasan dan lain sebagainya. “Ini akan berhasil jika guru, orang tua dan Pemerintah Daerah saling bekerjasama sampai masyarakat ini betul-betul sadar bahwa ini hal yang sangat penting untuk dilakukan demi masa depan anak bangsa itu sendiri,” terang Arief.

Peserta sosialisasi terdiri dari siswa beserta orang tuanya, dan juga guru. Ada 25 pasang siswa dan orang tuanya ikut dalam sosialisasi ini. “Pesertanya diseleksi sendiri oleh pihak sekolah. Semoga peserta nantinya dapat menjadi agen informasi yang andal,” pungkasnya. Kominfo bersama Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak turun sosialisasi. Juga ada Forum Masyarakat Peduli Internet Sehat Kabupaten Luwu Utara.

Komentar