oleh

Fenomena La Nina, Warga Luwu Timur Diimbau Waspada

MALILI, RADARLUWURAYA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Luwu Timur mengimbau masyarakat mewaspadai potensi ancaman perubahan iklim (La Nina).  Potensi Ancaman La Nina diprediksi akan terjadi dalam beberapa waktu ke depan seiring dengan peringatan BMKG yang merilis potensi La Nina di Samudra Pasifik.

Kepala BPBD Luwu Timur, Zabur mengatakan fenomena La Nina sudah terasa saat ini. Kondisi itu dilihat dari perubahan cuaca yang tak menentu.

“Kami mengimbau masyarakat untuk lebih waspada dengan fenomena ini. Diprediksi, La Nina bakal terus ada hingga beberapa waktu kedepan,” ungkap Zabur, Kamis (15/10/2020).

Zabur menggambarkan perubahan iklim berdampak pada angin kencang disertai hujan deras dengan intensitas cukup tinggi. Hal ini, akan berdampak pada potensi hidrometeorologi seperti banjir dan tanah longsor.

“Dengan kondisi ini kita harus siaga dan waspada. Perhatian dari seluruh kalangan diharapkan bisa meredam dampak dan potensi bencana  yang ditimbulkan,” sambungnya.

Berbagai cara bisa dilakukan secara bersama semua elemen, dimulai dari lingkungan sekitar seperti gerakan bersih-bersih secara rutin terhadap bantaran sungai dan saluran air lainnya agar luapan sungai dapat dicegah saat hujan dengan intensitas tinggi.

“Bisa juga dengan upaya mendasar dan kesadaran warga di lingkungan sekitar seperti pembersihan pekarangan rumah dan pemangkasan dahan dan ranting pohon. Pemangkasan ini untuk mengantisipasi dampak angin kencang yang menyebabkan tumbangnya pohon,” pungkasnya. (*)

Komentar