oleh

FGD PPKn Bertajuk Implementasi Outcome-Based Education Hadirkan Guru Besar UGM

RADARLUWURAYA.com – Reorientasi Kurikulum PPKn, menjadi tema pada Focus Group Discussion (FGD) yang berlangsung di Aula E Kampus I UNCP.

FGD yang menghadirkan guru besar Universitas Gadjahmada (UGM) Yogyakarta sebagai narasumber ini, dilaksanakan oleh Prodi PPKn bekerjasama dengan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP).

Guru Besar UGM yang menjadi narasumber, yakni Prof M Mukhtasar Syamsuddin, MHum PhD of Arts. Sementara dosen FKIP sendiri sebagai peserta.

Ketua Prodi PPKn, Jusrianto SPd MPd, saat ditemui mengatakan, kegiatan tersebut mengusung tema ‘Reorientasi Kurikulum PPKn’ yang membahas tentang sharing strategi implementasi Outcome- Based Education (OBE) di UNCP.

“Kurikulum berbasis OBE merupakan suatu tatanan skema pengajaran dan pembelajaran yang didalamnya termuat prinsip-prinsip yang dibutuhkan oleh pendidikan saat ini,” kata Jusrianto, Jumat (31/8/2018).

Tujuannya, lanjutnya lagi, untuk melahirkan lulusan yang memiliki keunggulan, baik pengetahuan maupun keterampilan sebagai penunjang pada pilihan pekerjaan setelah peserta didik lulus nantinya.

Melihat pentingnya tujuan dasar dari sistem kurikulum berbasis OBE ini, Guru Besar UGM kelahiran Luwu tersebut, berharap kepada seluruh sivitas akademika UNCP untuk merefleksikan kurikulum OBE di dalam skema pengajaran dan pembelajaran yang dimiliki setiap program studi, khususnya pada FKIP.(tiara)

Komentar