oleh

Gempa 5,0 SR Guncang Luwu Timur, BMKG Imbau Masyarakat Tenang

RADARLUWURAYA.com – Gempa bumi kembali terjadi di Kabupaten Luwu Timur, Selasa (5/3) sekitar pukul 02.13 Wita dini hari tadi.

Informasinya yang diterima, pusat gempa terjadi di daerah Mahalona. Kendati demikian, pihak BMKG meminta masyarakat di Luwu Timur agar tenang.

Hasil analisis yang dirilis oleh BMKG menyebutkan, episenter gempabumi terletak pada koordinat 2,49 LS dan 121,45 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 39 km arah timur Kota Malili, Kabupaten Luwu Timur, Propinsi Sulawesi Selatan pada kedalaman 10 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar Matano,” kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono melalui rilisnya.

Menurutnya, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi di wilayah Kabupaten Luwu Timur ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar geser (strike slip).

“Dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat menunjukkan bahwa guncangan dirasakan di daerah Soroako dalam skala intensitas III-IV MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami,” terangnya.

Hingga pukul 02.50 WITA, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 1 kali aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” pesannya (Niki)

Komentar