oleh

GMHP Pastikan Wajib Pilih Terdaftar di DPT

RADARLUWURAYA – Guna memastikan wajib pilih di Kota Palopo terdaftar didalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palopo terus aktif melaksanakan Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP) di berbagai titik di wilayah Kota Palopo.

Seperti yang dilakukan pada Minggu pagi, (14/10/2018) di Lapangan Pancasila, Kelurahan Tompotikka, Kecamatan Wara, Kota Palopo. Gerakan yang akan berlangsung selama bulan Oktober ini bertujuan untuk minimalisir kesalahan didalam penginputan DPT pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang.

BACA JUGA : KPU Luwu Timur Tetapkan Zona APK dan Zona Larangan APK

Lapangan Pancasila yang dipadati pengunjung yang ingin berolahraga di Minggu pagi menjadi pilihan KPU untuk melaksanakan GMHP. Sejak pukul 06.00 Wita terlihat pengunjung Lapangan pancasila ramai-ramai memadati stand KPU untuk mengecek nama mereka terdaftar didalam DPT sebagai pemilih atau tidak. Ratusan warga Kota Palopo memanfaatkan kegiatan yang dilaksanakan sekitar tiga jam itu.

Komisioner KPU Kota Palopo, Abdul Haris Mubarak menjelaskan, kegiatan yang mereka gelar merupakan gerakan nasional yang dilakukan oleh KPU di seluruh Indonesia yang dimulai pada 1 Oktober dan berakhir 28 Oktober 2018 mendatang.

BACA JUGA : Kampanye Pilpres dan Pileg Digelar Bersamaan, Ini Penjelasan KPU Palopo…

”Kegiatan ini dilakukan untuk memastikan setiap warga negara yang telah memenuhi syarat sebagai pemilih, terdaftar sebagai pemilih pada Pemilu 2019 mendatang untuk memilih anggota DPR, DPD dan DPRD serta Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden,” jelasnya.

GMHP sendiri merupakan kesempatan terakhir masyarakat untuk mengkroscek DPT, yang digunakan di dalam Pemilu 2019. melalui aplikasi yang disiapkan KPU warga bisa mengecek langsung nama mereka di dalam DPT. Juga bisa dilakukan dengan berkunjung langsung ke kelurahan menemui anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS).

BACA JUGA : Palu Berangsur Pulih, Penyemprotan Disinfektan Dimulai

Wajib Pilih di Kota Palopo belum masuk di DPT, dapat mendaftarkan diri melalui PPS Kelurahan, sesuai domisili Kartu Tanda Penduduk (KTP). warga yang baru pindah ke Kota Palopo dan telah memiliki NKK dan KTP Kota Palopo, maka bisa jadi pemilih baru di KPU. Untuk daerah asal mereka, akan dikonfirmasi ke KPU RI untuk langsung dilakukan penghapusan by sistem. Hal itu bertujuan agar data warga yang bersangkutan di Kota asalnya dihapus. (*)

Komentar