oleh

Golkar Resmi Usung IDP-Suaib di Lutra dan MTH-Budiman di Lutim

RADARLUWURAYA.com – Partai Golkar secara resmi menetapkan calon kepala daerah (Cakada) yang akan diusung pada Pilkada 2020 di 12 kabupaten/kota di Sulawesi Selatan (Sulsel).

Keputusan itu dibacakan langsung Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar Bidang Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) dan Badan Saksi Nasional (BSN) HAM Nurdin Halid, Senin (29/6) malam di Jakarta.

NH mengumumkan keputusan Golkar, berdasarkan hasil rapat yang dipimpin Airlangga Hartarto, terkhusus dukungan terhadap 12 calon kepala daerah yang ber-Pilkada di Sulsel.

Untuk Pilkada Lutra, Golkar mengusung petahana Indah Putri Indriani (IDP) dan Suiab Mansur, yang saat ini menjabat Kadis PUPR Lutra.

Sementara di Pilkada Lutim, Golkar juga mengusung petahana HM Thorig Husler (MTH) dan Budiman Hakim, yang saat ini menjabat Kepala Bapelitbangda Lutim.

“Seluruh kader dan pengurus harus bersatu untuk memenangkan usungan Golkar,” tegas NH.

Sementara Sekretaris DPD I Golkar Sulsel, Abdillah Natsir menyebutkan, keputusan ini sudah final yang diputuskan oleh DPP Golkar.

Abdillah mengatakan penetapkan calon di Pilkada 2020 di 12 kabupaten/kota Sulsel itu merupakan keputusan langsung Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto melalui mekanisme rapat partai.

“Sebenarnya analisa yang diputuskan sudah melewati proses panjang. Jadi pertama dari penjaringan dan hasil Pleno DPP I dan hasil rapat pemenangan Pemilu dengan DPD I,” kata Sekretaris DPD I Golkar Sulsel, Abdillah Natsir, Selasa (30/6/2020) kepada wartawan.

Setelah nama-nama bakal calon dijaring oleh DPD I, nama-nama tersebut kemudian digodok oleh Bappilu Golkar dan tim seleksi dari DPP.

Lebih lanjut Abdillah mengungkapkan, Golkar meyakini Pilkada serentak 2020 akan tetap dilangsungkan pada akhir tahun ini.

Karenanya Golkar langsung mempersiapkan diri menghadapi kontestasi politik daerah ini.

“Itu sudah ditetapkan oleh pemerintah dan kewenangan itu kan ada di KPU dan pemerintah. Tapi kita siapkan diri saja untuk melaksanakan Pilkada dengan baik,” kata dia.

Namun ada yang berbeda dengan jagoan Golkar di Pilwalkot Makassar. Jika di 11 kabupaten/kota lainnya Golkar telah menetapkan calon beserta pasangannya, namun di Pilwalkot Makassar 2020 None ditetapkan Golkar tanpa pasangan.

Abdillah belum mengungkapkan lebih jauh mengapa adik Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo itu diusung tanpa pasangan. (*)

Berikut Usungan Golkar di Pilkada 2020 di Sulsel:
1. Luwu Timur : M Thoriq Husler-Budiman
2. Luwu Utara : Indah Putri Indri Indriani-Suaib Mansur
3. Soppeng : Andi Kaswadi Razak-Lutfi Halide
4. Barru : Malkan Amin-Andi Salahuddin Rum
5. Selayar :Muhammad Basli Ali-Saiful Arif
6. Toraja Utara : Yohannes Bassang-Frederik Dedy Palimbong
7. Maros : Andi Tajerimin-Hafid Fasha
8. Bulukumba : Andi Hamzah Pangki-Andi Murniaty Makking
9. Pangkep : Andi Ilham Zainuddin-Andi Rismayani Syamsuddin
10. Makassar : Irman Yasin Limpo
11. Tana Toraja : Nicodemus Biringkanae-Victor Datuan Batara
12. Gowa : Adnan Purichta Ichsan-Abdul Rauf Malaganni Karaeng Kio.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *