oleh

Gugat Hasil Pilkades, Warga Datangi Rujab Bupati Luwu Utara

RADARLUWURAYA — Sejumlah warga dari Kecamatan Malangke dan Malangke Barat mendatangi Rumah Jabatan(Rujab) Bupati Luwu Utara, di Masamba, Selasa (30/10/18). Kedatangan warga ini guna menggugat hasil pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di tiga desa yang dianggap masih bermasalah.

Ketiga desa dimaksud yakni Desa Malangke dan Tokke di Kecamatan Malangke, dan Desa Pengkajoang Kecamatan Malangke Barat.

BACA JUGA: Selisih Dua Suara, Warga Desa Malangke Tolak Hasil Pilkades

Koordinator aksi, Safwan mengatakan kedatangan mereka itu guna mendesak Bupati Luwu Utara menjalankan rekomendasi Komisi I DPRD Luwu Utara agar menunda pelantikan kepala desa yang pelaksanaan pemilihannya dianggap masih bermasalah.

“Tuntutan Kami adalah agar pemerintah daerah dalam hal ini Bupati agar menunda pelantikan Kepala Desa terhadap desa yg masih dalam keadaan berselisih oleh warga. Kami hanya ingin agar dalam membuat keputusan terkait sengketa pilkades agar memperhatikan asas manfaat,” kata Safwan.

Sebelumnya, Komisi I DPRD Luwu Utara Komisi I DPRD Kabupaten Luwu Utara mendesak kepada Pemerintah Kabupaten Luwu Utara untuk menunda pelantikan kepala desa hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 3 Oktober lalu.

BACA JUGA: DPRD Lutra Desak Pemerintah Tunda Pelantikan Tiga Desa

Desakan itu menyusul adanya ketidak puasan atas hasil Pilkades serta dugaan pelanggaran yang terjadi. Ketua Komisi I DPRD Luwu Utara, Sudirman Salomba mengatakan pihaknya telah menerima pengaduan terkait pelaksanaan Pilkades yang bermasalah di tiga desa. (Herman)

 

Komentar