oleh

Hadiri Syukuran Pesta Panen, Husler Janji Penuhi Kebutuhan Petani

RADARLUWURAYA.com- Bupati Luwu Timur, HM. Thoriq Husler mengahadiri syukuran pesta panen yang digelar Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di Desa Jajajja, Kecamatan Burau, Kabupaten Luwu Timur, Rabu (5/12/2018)

Mewakili Gapoktan, Nasaruddin Baso mengatakan, syukuran pesta panen atas ini digelar karena hasil panen yang cukup melimpah tahun ini. Secara umum hasil produksi panen di Desa Jalajja rata-rata mencapai 7,3 ton perhektar.

“Beberapa kendala seperti kelangkaan pupuk, tambahan irigasi dan kebutuhan traktor yang masih perlu ditambah mengingat luas lahan yang mencapai 244 hektare” kata Nasaruddin.

Sementara itu, Bupati Luwu Timur, HM. Thorig Husler, mengaku bersyukur karena melalui pertemuan ini dapat diketahui kendala dan hambatan petani dalam meningkatkan produksinya.

“Kalau tidak ada pertemuan ini, kita tidak tahu kebutuhan petani dilapangan. Saya bersyukur sudah disampaikan apa kebutuhannya,” kata Bupati.

Terkait kelangkaan pupuk, kata Husler, memang selalu menjadi persoalan karena ini kewenangan Pemerintah Pusat.

“Kita sudah meminta sesuai data yang kita berikan, namun tidak bisa diakomodir secara keseluruhan. Kalau ibaratnya petani butuh 100 persen, kita cuma dapatkan alokasi sekitar 30 persen. Salah satu solusinya, ya kita coba gunakan pupuk organik untuk mengurangi pupuk kimia,” jelasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *