oleh

Hanya 25 Pendaftar CPNS Palopo Yang Lulus Tes SKD

RADARLUWURAYA – Dari 1.302 pendaftar CPNS Kota Palopo, hanya 25 peserta saja yang dinyatakan lulus tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang digelar beberapa waktu lalu. Padahal, kuota CPNS Kota Palopo yang diterima untuk tahun ini adalah sebanyak 126 formasi.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Dahri Saleng mengatakan diruang kantor kerjanya pelaksanaan SKD CPNS Palopo tahun 2018 diadakan sebanyak 5 sesi dan diikuti oleh total 1.302 pelamar, Senin (5/11/18).

BACA JUGA: Hanya 25 Pendaftar CPNS Palopo Yang Lulus Tes SKD

Dahri menyebutkan usai pelaksanaan SKD, diketahui hanya 25 peserta saja yang dinyatakan nilainya mencapai passing grade atau nilai minimum.

Menurutnya, pihaknya akan melakukan konsultasi ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) terkait minimnya jumlah kelulusan pada tes SKD ini.

BACA JUGA: Luwu Timur Jadi Sasaran Peredaran Narkotika, BNK Gelar Tes Urine di Sekolah

“Kami berharap agar kuota sebanyak 126 posisi di Kota Palopo ini dapat diisi oleh mereka yang telah mengikuti tes, tetapi teknisnya kita tunggu petunjuk dari pemerintah pusat,” ujarnya.

Untuk diketahui, pada tes SKD para peserta harus mengerjakan sebanyak 100 soal yang terbagi dalam tiga bidang tes, yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 35 soal, Tes Intelegensia Umum (TIU) 30 soal, dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 35 soal.

Passing Grade yang ditetapkan pemerintah untuk formasi umum adalah masing-masing 143 untuk TKP, 80 untuk TIU dan 75 untuk TWK. Namun, untuk jalur formasi umum, penghitungan nilai tidak dihitung secara komulatif, sehingga setiap peserta wajib menapatkan nilai melebihi passing grade di tiap bidang tes. Contohnya, bila nilai TKP dan TIU terpenuhi, namun TWK tidak, berarti peserta tetap dinyatakan gagal. (Jhon)

Komentar